Inilah 5 Tips Miliki Rumah Sehat

SEMARANG (Asatu.id) – Setiap orang tentu mendambakan memiliki rumah yang sehat. Selain membawa kenyamanan tersendiri bagi penghuninya, rumah yang sehat juga dapat mencegah penularan penyakit.

Rumah sehat tentu tidak harus mewah. Dalam Depkes RI 2007, setidaknya ada empat kriteria jika rumah ingin dikatakan sehat. Kriteria-kriteria itu adalah dapat memenuhi kebutuhan psikologis, memenuhi persyaratan pencegahan penularan penyakit, memenuhi kebutuhan fisiologis dan memenuhi persyaratan pencegahan terjadinya kecelakaan.

Jika rumah telah memenuhi kriteria itu, tentu rumah sudah dapat dikatakan rumah sehat. Seperti rumah Wirata V/2 milik pasangan Slamet Hadi dan Sumarti yang bertempat di Kelurahan Krobakan ini, beberapa waktu lalu masuk ke dalam salah satu penilaian Rumah Sehat tingkat Provinsi Jawa Tengah kategori Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS).

Setelah ditelusuri, ternyata pasangan tersebut memiliki tips tersendiri untuk menciptakan rumah sehat. Sekiranya, ada lima tips yang diajukan pasangan itu, meliputi.

Pastikan Ada Fentilasi

Fentilasi merupakan salah satu bagian rumah yang sangat vital karena udara dapat masuk melalui celah-celah tersebut. Udara yang masuk itu akan terjadi pertukaran udara secara terus-menerus sehingga tidak terjadi pengap di dalam rumah. Hal itu tentu akan menjaga rumah agar tetap terasa sejuk. Oleh karena itu, pastikan ada fentilasi ya?

Rumah Selalu Bersih

Menjaga kebersihan rumah selain agar terlihat indah juga dapat mempengaruhi kesehatan penghuninya. Tidak heran jika rumah pasangan Slamet Hadi dan Sumarti ini sehat karena rutin dibersihkan baik pagi maupun sore hari. Dengan menjaga kebersihan itu juga dapat menghindarkan keluarga dari penyakit.

Sering Kuras Bak Mandi

Bak mandi merpakan salah satu tempat yang sangat penting untuk dibersihkan. Hal itu lantaran bak mandi menjadi tempat air yang nantinya digunakan untuk membersihkan tubuh dari debu maupun kotoran sehingga air yang digunakan harus air bersih terutama terbebas dari jentik-jentik, kotoran maupun sumber penyakit membahayakan lainnya. Bagi Sumarti, untuk mendapatkan rumah sehat setidaknya bak mandi atau gentong kamar mandi harus dibersihkan paling tidak setiap satu minggu sekali.

Aliran Air Lancar

Air yang tidak lancar atau air yang menggenang merupakan salah satu sumber penyakit yang dapat menyebar baik melalui konsumsi air maupun makanan yang terkontaminasi. Menjaga aliran air selalu lancar dan bersih merupakan hal penting untuk menghindari penyakit-penyakit seperti malaria, flu, demam berdarah, diare dan penyakit-penyakit membahayakan lainnya.

Jaga Menu Makan

Dalam menciptakan rumah yang sehat ternyata tidak hanya menjaga rumah tetapi juga makanan yang nantinya masuk ke dalam tubuh. Sumarti memiliki tips menjaga rumah sehat dengan menjaga menu makan. Hal itu lantaran makanan merupakan asupan penting yang selain menjaga kesehatan tubuh juga mengurangi resiko penyakit. Menu makan yang sehat pula berpengaruh dalam menciptakan rumah sehat karena merupakan salah satu pola hidup sehat. Tentunya untuk memperoleh menu makan sehat tidak harus mewah dan mahal, kan?

Itulah lima tips ala pasangan Slamet Hadi dan Sumarti untuk mendapatkan rumah sehat. Bagaimana menurut Anda?

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *