Fisip Undip Gelar ICISPE Pentingnya Sustainable Development

SEMARANG (Asatu.id) – International Conference on Indonesian Social and Political Enquiries (ICISPE) ke tiga digelar oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Diponegoro, di Grand Candi Hotel, Semarang, Senin (22/10).

Mengusung tema Asean Community For Sustainable Development In Indonesia, menurut Ketua Panitia Amni Zarkasyi Rahman acara tersebut sengaja di konsep untuk menghadirkan gagasan pentingnya pembangunan berkelanjutan dalam berbagai lini.

Konferensi Internasional tersebut membahas berbagai topik sosial, politik, komunikasi, bisnis dan hubungan internasional, serta menyajikan lebih dari seratus paper ilmiah yang dipresentasikan dihadapan para peserta konferensi.

“Selama ini yang populer hanya gagasan tentang pembangunan fisik, melalui kegiatan ini akan dibangun pentingnya pembangunan berkelanjutan di bidang lainnya seperti ekonomi, kesehatan, pendidikan, gender dan lingkungan,” ujarnya.

Amni menyampaikan bahwa Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai perpanjangan dari Millenium Development Goals (MDGs) dengan membawa 5 prinsip dasar yakni People, Planet, Prosperity, Peace, and Partnerships.

Kesepakatan SDGs ini, lanjut dia, memiliki 17 goals dan 169 target, dan 241 indikator sehingga mampu tercipta pola hubungan yang kuat antara pemerintah, organisasi, civil society, universitas, sektor bisnis/privat dan kelompok lainnya.

“Melalui konferensi ini, para akademisi dan praktisi pemerintah dapat sharing knowledge untuk menjawab tantangan tersebut. Artikel yang telah terpilih akan dipublikasikan ke dalam publikasi bereputasi nasional dan internasional” ungkap pengajar studi Administrasi Publik ini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *