Pemkot Akan Resmikan Kembali Pasar Banjardowo

SEMARANG (Asatu.id) – Dinas Perdagangan Kota Semarang akan resmikan kembali Pasar Banjardowo pada Selasa (23/10) mendatang.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, saat ini pengelolaan Pasar Banjardowo telah sepenuhnya dikuasai oleh Pemerintah Kota Semarang. Oleh karenanya, pihaknya berencana akan meresmikan kembali pasar tradisional tersebut menyusul rencana Pedagang Terminal Terboyo yang akan menempati yang pasar tersebut.

“Selasa nanti akan kita resmikan, dilanjut hari Rabu (24/10) kita lakukan pengundian kunci yang prosesnya nanti diserahkan sepenuhnya kepada PPT Terboyo,” katanya, Jumat (19/10).

Fajar membeberkan, Pasar Banjardowo, Meteseh dan Gedawang, merupakan tanah milik Pemkot Semarang yang dibangun oleh pihak ketiga. Namun dalam prosesnya, pihak pengembang tidak sanggup membayar sehingga asset tersebut diserahkan kembali dan dikelola Pemkot Semarang sejak 2014.

“Jadi nanti kalau dikemudian hari, setelah pasar itu sudah dibuka dan saya serahkan untuk relokasi pedagang Terboyo namun ada yang mengaku-aku memiliki kios, itu salah mereka karena tidak menempati kios,” jelas Fajar.

Fajar mengimbau kepada PKL Terboyo yang menempati Pasar Banjardowo kelak dapat menggunakannya dengan baik. Fajar tidak menampik jika nantinya kondisi akan sepi diawal buka, namun Fajar optimis, jika para pedagang juga rajin membuka lapak maka secara otomatis akan mengundang banyak pembeli.

“Pasar mau ramai atau tidak itu tergantung pedagangnya juga. kalau sudah diberi tempat tapi tidak jualan ya sepi. Butuh Proses, sebulan atau dua bulan, pasti ada pelanggan,” tegasnya.

Terkait jumlah kios yang tidak menampung seluruh pedagang Terboyo, Fajar menyebut pihaknya tidak akan melarang pedagang Terboyo yang ingin membuka lapak didepan Pasar Banjardowo. Fajar menegaskan, kondisi tersebut dimaklumi selama masih dilingkungan Pasar Banjardowo.

“Artinya tidak dipinggir jalan depan Pasar Banjardowo. Jangan sampai mengganggu lalu lintas,” imbuhnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *