Kemenpolhukam Apresiasi Jateng Penyelenggara Terbaik Pilgub 2018

SEMARANG (Asatu.id) – Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia memberi predikat penyelenggara terbaik pemilihan gubernur  (Pilgub) untuk Provinsi Jawa Tengah. Selain Pilgub, tahun 2018 ini Jawa Tengah juga menggelar pilkada serentak di kota/kabupaten.

“Jawa Tengah berdasarkan evaluasi dari Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan adalah terbaik penyelenggaraan pemilu. Itu tingkat kerawanan terkecil ada di Jawa Tengah,” terang Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono, saat menghadiri Rapat Koordinasi Evaluasi Penyelenggaraan Pilgub Jateng 2018 di Aston Hotel, Kamis (18/10).

Sri Puryono menuturkan, keberhasilan Provinsi Jawa Tengah menggelar Pilgub berkat sinergi yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan. Pihaknya berpendapat, KPU sebagai penyelenggara pemilu bekerja sangat baik dan profesional.

Bawaslu juga mengawasi jalannya Pilgub ini dengan baik pula. Ketegasan, ketelitian, dan netralitasnya sangat terlihat. Aparat kepolisian dan TNI pun kompak menjamin keamanan penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut.

“Polisi dan TNI yang selalu siaga, tentu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat untuk menyalurkan suaranya. Masyarakat Jateng juga semakin melek politik, semakin cerdas dan turut menjaga suasana yang adem ayem selama pilgub berlangsung,” tuturnya.

Sri Puryono menjelaskan, partisipasi pemilih pada Pilgub Jateng 2018 meningkat apabila dibandingkan dengan Pilgub Jateng 2013. Meski demikian, persentase partisipasi pemilih masih harus terus digenjot karena targetnya sebesar 75 persen.

“Dari sekian pemilih, yang memberikan hak suaranya masih sekitar 68 persen. Ini tentunya menjadi catatan dan kerja keras kita karena target kita partisipasinya 75 persen. Namun, jika kita bandingkan dengan lima tahun sebelumnya pada Pilgub Jateng 2013, partisipasi pemilih waktu itu 55,73 persen, sedangkan di Pilgub Jateng 2018 sebesar 67,64 persen. Harapannya pada Pilpres dan Pileg nanti bisa kita tingkatkan lagi partisipasinya,” jelasnya.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *