Kawasan Indo-Pasifik Merupakan Kekuatan Besar Dunia

SEMARANG (Asatu.id) – Kepala BPPK Kementerian Luar Negeri, Siswo Pramonogi mengatakan, bagi Indonesia perkembangan kesejahteraan di Indo-Pasifik merupakan keniscayaan dalam pengejawantahan visi poros maritim dunia.

Sebagai negara yang berada di antara dua samudera, yakni Samudera Hindia dan Pasifik, Indonesia berkepentingan untuk mengembangkan kerjasama yang berpegang pada prinsip-prinsip keterbukaan dan transparan.

Siswo Pramonogi menyampaikan bal itu saat menjadi salah satu narasumber dalam seminar bertema “Menuju Sinergitas Global Maritime Fulcrum RI dan Belt and Road Initiatives Tiongkok” di Kampus Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), Semarang, Kamis (18/10).

Ikut hadir dalam seminar tersebut Wagub Jateng Taj Yasin Maemoen sebagai keynote speech dan Rektor Unwahas Semarang Prof Dr Mahmutarom SH MH, serta Konjen Tiongkok Gu Jingqi.

Menurut Siswo Pramonogi, kawasan Indo-Pasifik saat ini tengah menjadi pembahasan hangat karena merupakan kekuatan besar dunia.

Sebagai kawasan yang merupakan kekuatan dunia, Indo-Pasifik menyimpan potensi yang besar. Melihat berbagai tersebut  Indonesia dan Tiongkok  harus bersinergi dan berperan aktif untuk menerapkan konsep kerjasama di berbagai bidang.

“Ini bertujuan menciptakan jaringan kerjasama infrstruktur seperti jalan,  kereta api, jaringan pipa air bersih dan  energi. Ini akan meningkatkan bidang ekonomi dan memfasilitasi pembangunan di kawasan Indo-Pasifik,” imbuhnya.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *