Mahasiswa Unnes Kunjungi Kantor DPRD Jateng

SEMARANG (Asatu.id) – Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) melakukan kunjungan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah, Senin (15/10).

Diterima oleh Bambang Joyo Sumpeno, anggota Komisi A DPRD di ruang rapat komisi DPRD Jawa Tengah. Bambang menjelaskan kepada para mahasiswa yang hadir, tentang apa saja peran dan fungsi lembaga legislatif.

“Lembaga legislatif DPRD mempunyai tiga peran fungsi dalam menjalankan roda pemerintahan. Di antaranya adalah perundang-undangan, pengawasan, dan penggaran bersama ekskutif merumuskan kebijakan untuk masyarakat. Di sisi lain, dewan juga punya peran sebagai wadah menampung aspirasi masyarakat,” papar Bambang.

Antusias dalam mengikuti pemaparan tersebut, salah satu mahasiswa mengajukan pertanyaan mengenai peran masing-masing komisi dalam lembaga legislatif serta perannya dalam roda pemerintahan.

Menjawab hal itu Bambang menerangkan anggota komisi diambil dari fraksi-fraksi dewan yang ada di DPRD. Penempatan dan tugas komisi disesuaikan dengan kemampuan kapasitas para anggota dewan masing-masing.

“Komisi diambil dari fraksi yang ada di DPRD. Ada lima komisi dengan tugas masing-masing, komisi A dibidang pemerintahan, komisi B pariwisata, komisi C pendapatan, komisi D infrastruktur, dan komisi E dibidang sosial,” ujar Bambang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *