Dinas Lingkungan Hidup Luncurkan Aplikasi Lapor Sampah

SEMARANG (Asatu.id) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang meluncurkan aplikasi pelaporan masalah sampah berbasis digital bernama Sistem Lapor Sampah (Silampah) di Kantor DLH, Rabu (17/10).
Muthohar kepala DLH Kota Semarang mengatakan Silampah dapat diakses oleh seluruh masyarakat kota Semarang dimanapun dan kapanpun tanpa dipungut biaya. Laporan tersebut kemudian akan segera diproses oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang melalui sistem.
‘’Jika ada sampah yang menumpuk sembarangan dan tidak pada tempatnya warga bisa bantu lewat aplikasi tersebut. Sehingga bias langsung ditangani oleh petugas, tidak perlu lagi laporan lewat RT dan RW,’’  ujar Muthohar.
Menurutnya dengan laporan tersebut, akan terdeteksi siapa saja yang membuabg dampah sembarangan. Sesuai Perda Nomor 6 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah, masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan akan didenda maksimal Rp 50 juta dan kurungan tiga bulan.
Muthohar mengaku, Ia harus gencar melakukan sosialisasi aplikasi yang masih baru tersebut. Melalui Silampah, harapannya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penanganan sampah.
‘’Perlu adanya pemahaman dari masyarakat tentang aplikasi Silampah, karena penanganan sampah tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Tapi perlu partisipasi aktif dari warga, misalnya lewat aplikasi ini yang bekerjasama dengan Dinas Perhubungan untuk langsung memantau melalui CCTV yang ada di sejumlah titik Kota Semarang,’’ tambahnya.
Aplikasi dapat didownload melalui Google Play untuk sistem operasi android dengan keyword, Silampah. Kemudian prosedur pelaporan melalui aplikasi tersebut dimulai dengan mengetik nama, nomor telepon, lokasi, isi keterangan, upload foto dan kemudian dikirim.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *