Hendi Buka Pameran Tosan Aji di Balai Kota Semarang

SEMARANG (Asatu.id) – Pemukulan gong oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi menandai dibukanya Pameran dan Bursa Tosan Aji yang akan berlangsung 16 hingga 18 Oktober 2018 di halaman Balaikota Semarang, Selasa (16/10).
Pembukaan pameran senjata pusaka tradisional yang dibuka sekaligus dihadiri oleh Walikota Semarang ini, diadakan oleh Komunitas Pecinta Tosan Aji. Acara ini bertujuan untuk memamerkan serta memperjual-belikan benda pusaka warisan budaya bangsa Tosan Aji.
Hendi, sapaan akrab Walikota Semarang mengungkapkan Tosan Aji telah diakui oleh United Nation Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO), sejak tahun 2005 sebagai warisan budaya bangsa Indonesia yang harus dilestarikan.
“Tosan Aji bukan hanya sekedar senjata, lebih dari itu ini adalah budaya yang patut dilestarikan mengingat nilai historis yang dimiliki tiap-tiap senjatanya,” ungkap Hendi.
Ia menambahkan keris dan tosan aji lainnya sebagai senjawa warisan budaya Indonesia, dapat meningkatkan roh berkesenian dan berbudaya terutama anak-anak muda. Hendi juga mengatakan Pemerintah Kota akan sangat mendukung acara uri-uri budaya seperti ini untuk dapat dijadikan acara tahunan.
“Harapannya kegiatan ini  bisa diadakan rutin setiap tahun dan senjata yang dipamerkan akan semakin banyak serta diikuti oleh komunitas tosan aji yang lebih banyak. Dengan ini diharapkan anak muda akan semakin mengenal budaya sendiri,” pungkas Hendi.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *