Sekda Sri Puryono Terima Penghargaan Lencana Pancawarsa

SEMARANG (Asatu.id) – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono, menerima penghargaan Lencana Pancawarsa VII. Penganugerahan itu diberikan atas kesetiaan kepada organisasi dan aktif melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama 35 tahun.

Lencana Pancawarsa disematkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada Sri Puryono yang juga Wakil Ketua Kwarda Jawa Tengah. Selain itu gubernur juga menyematkan Lencana Darma Bakti kepada Ketua Majelis Cabang Gerakan Pramuka Pekalongan, Asip Kholbihi.

Penganugerahan diserahkan di sela-sela pembukaan Musyawarah Daerah XII Kwarda Jawa Tengah tahun 2018, di Hotel Syariah Karanganyar, Jumat (12/10). Musda bertema “Terwujudnya Anggota Muda Gerakan Pramuka Jateng yang Berkarakter, Cakap, Berdaya Saing, dan Peduli” itu dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah, Budi Prayitno, serta seratusan perwakilan Kwarcab se-Jateng.

Dalam sambutannya, Gubernur Ganjar Pranowo sekaligus selaku Ketua Majelis Pembina Daerah (Mabida) Jawa Tengah mengatakan, peran Gerakan Pramuka sangat penting dalam membentuk karakter generasi bangsa melalui implementasi nilai-nilai Dasa Darma Pramuka.

“Membangun karakter bangsa itu nomor satu. Karena kalau kita tidak punya karakter, maka anak-anak sekolah kena narkoba, free sex, generasi muda terpapar ideologi-ideologi yang tidak sesuai dengan Pancasila, ekstrim, dan radikal,” ujarnya.

Sementara itu, seiring kemajuan teknologi informasi di era digitalisasi dan maraknya hoaks atau berita bohong, Musda XII Kwarda Jateng yang berlangsung 12-14 Oktober ini diharapkan dapat meluncurkan
Satuan Karya (Saka) milenial. Rencana peluncuran Saka Milenial tersebut sekaligus sebagai tindaklanjut usulan komunitas aktivis media sosial.

Dalam kesempatan tersebut, gubernur juga menyerahkan penghargaan kepada sejumlah Kwartir Cabang. Yakni Tropi Adhi Citra Tunas Kencana kepada Kwartir Cabang Banyumas sebagai wakil cabang berprestasi tingkat Jawa Tengah periode 2013-2018.

Selain itu Pramuka Peduli Award diberikan kepada Gugus Depan yang berpangkalan di SMA Negeri 1 Mojotengah, Wonosobo sebagai juara 1, sedangkan juara dua diraih Gugus Depan di SMP 1 Karangreja Purbalingga, serta juara tiga Gugus Depan DKR Banjarnegara.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *