Gubernur akan Jadikan Borobudur sebagai ‘Bali’ Baru di Jawa Tengah

SEMARANG (Asatu.id) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, bertekad menjadikan Borobudur sebagai ‘Bali’ baru di Jawa Tengah. Alasannya, keindahan Candi Borobudur lengkap dengan sejarah, ritual religi yang ada, serta keramahan masyarakat sekitarnya, menjadi daya tarik yang komplet.

Gubernur Ganjar menyampaikan hal itu saat memberikan penghargaan Abiwara Pariwisata Jateng 2018 di The Wujil Resort and Conventions Kabupaten Semarang, Kamis (11/10).

Kendati begitu, lanjut gubernur, tidak berarti semua yang ada di Bali ditiru untuk diterapkan di Borobudur.

“Saat saya dilantik, Pak Presiden Jokowi meminta ada Bali-Bali baru di seluruh daerah di Indonesia. Bukan memindahkan Bali ke daerah lain, namun membuat sejumlah destinasi wisata seramai dan sebagus Bali,” kata dia.

Untuk itu, pembenahan Borobudur terus digenjot. Objek wisata di Magelang tersebut dipoles untuk menarik lebih banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

“Saat ini sudah banyak event yang diperhitungkan di Borobudur, seperti Borobudur Marathon yang sudah berkelas internasional, Tour de Borobudur dan kegiatan lainnya. Borobudur memang sedang kami tata agar menjadi Bali baru di Jateng, selain lokasi lain seperti Karimunjawa, Sangiran, Dieng dan sebagainya,” tegasnya.

Diakui, untuk mewujudkan hal itu, pemerintah tidak dapat bergerak sendiri. Harus ada dukungan semua pihak, khususnya masyarakat dan generasi muda, agar cita-cita itu dapat tercapai.

“Kami merasa perlu memberikan apresiasi penghargaan kepada para pegiat pariwisata dalam acara Abiwara Pariwisata Jateng 2018 ini. Harapannya dapat mendorong semua pihak agar pariwisata di Jawa Tengah terus tumbuh,” pungkasnya. (bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *