Taman Indonesia Kaya Resmi Jadi Ruang Terbuka Seni

SEMARANG (Asatu.id) – Taman Indonesia Kaya yang menempati bekas lokasi Taman Keluarga Berencana (Taman KB), Rabu malam (10/10), diresmikan Wali Kota Semarang Hendrar Priyadi.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol dan penandatanganan prasasti. Hadir pada peresmian tersebut, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, President Director Djarum Foundation, Victor Rachmat Hartono, dan Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian.

Dengan peresmian ini, Taman Indonesia Kaya kini menjadi ruang terbuka masyarakat. Taman ini juga menjadi tempat bagi seniman untuk berekspresi dan ajang masyarakat Kota Semarang mengapresiasi seni.

“Bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang, pembangunan Taman Indonesia Kaya merupakan wujud komitmen kami dalam memperkenalkan kebudayaan Indonesia bagi masyarakat, khususnya generasi muda.  Kami ingin mereka tidak kehilangan identitasnya sebagai Bangsa Indonesia,” ujar President Director Djarum Foundation, Victor Rachmat Hartono.

Victor berharap keberadaan taman ini dapat menumbuhkan lebih banyak lagi seniman di Jawa Tengah dan sekitarnya yang akan berkontribusi kepada dunia industri kreatif di Indonesia.

Bagi pelaku seni, lanjut Victor,  mereka dapat menggunakan Taman Indonesia Kaya beserta fasilitasnya sebagai wadah kegiatan yang berhubungan dengan seni dan budaya.

Selain itu, sambungnya, taman yang menghabiskan 11 bulan pengerjaan tersebut akan menggelar workshop atau pertunjukan secara rutin.

‘’Program ini akan bekerja sama dengan para komunitas seni yang ada di Semarang. Masyarakat dapat mengikuti program ini tanpa dipungut biaya. Panggung Budaya dapat digunakan untuk kegiatan seni dan budaya secara gratis pula, informasi lebih lanjut tentang penggunaan dan peminjaman bisa melalui taman@indonesiakaya.com,’’ ungkap Victor.

Menurut dia, Taman Indonesia Kaya ke depannya akan menjadi ruang publik untuk mendukung aktivitas dan keberlangsungan seni budaya lokal di Jawa Tengah dan di Indonesia. Nantinya, Taman Indonesia Kaya diharapkan dapat menampilkan ragam seni pertunjukan yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

‘’Dengan adanya Taman Indonesia Kaya ini diharapkan seni pertunjukan Indonesia dapat lebih maju dan lebih berkembang di tanah air kita,” tandas Renita. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *