Hari Penglihatan Sedunia, Dinkes Jateng Gelar Seminar untuk Remaja

SEMARANG (Asatu.id) – Dalam rangka Hari Penglihatan Sedunia, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menggelar seminar bertajuk “Pengembangan Remaja Peduli Kesehatan Indera” di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS), Rabu (10/10). Sebanyak kurang lebih 140 peserta hadir dalam seminar tersebut yang didominasi oleh siswa-siswi SMA.

Kadinkes Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengungkapkan, acara yang digelar untuk remaja ini dirasa tepat lantaran remaja merupakan agent of change sehingga ia harapkan mereka nantinya akan menularkan pengetahuan baik untuk keluarga maupun masyarakat.

“Pertama, remaja jumlahnya banyak, 25% dari akumilasi itu remaja. Yang kedua adalah mereka generasi yang akan menentukan di masa depan, harapan kita menjadi agent of change di keluarga maupun lingkungan sehingga remaja maupun anak sekolah ini strategis,” katanya di sela-sela seminar.

Selain itu, menurut Yulianto, para remaja itu juga dapat diajak bersama-sama untuk menyumbang perilaku yang baik lantaran banyak problem kesehatan yang berbasis pada perilaku seperti adanya penyakit-penyakit menular seperti HIV/Aids. Ditambah lagi dalam membentuk Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) ini menurutnya beberapa langkah yang harus dikerjakan untuk dijadikan sebagai budaya atau perilaku yang sehat.

“Tantangan terberat remaja di bidang kesehatan pertama pengetahuan, mereka sangat potensial tetapi masih tinggi masalah kesehatan, target minimal 75% remaja itu harus paham HIV/Aids,” tambahnya.

Sementara itu, dalam menumbuhkan kesadaran di kalangan remaja berkaitan dengan pentingnya kesehatan indera tersebut, pihaknya memberikan pengetahuan tentang pencegahan-pencegahan terhadap gangguan mata.

“Prevalensi gangguan penglihatan 2,7%, sebenarnya bisa dicegah, dikoreksi untuk itu melalui para siswa yang hadir itu diharapkan deteksi dini supaya bisa menyembuhkan lebih awal gangguan itu, bisa dikoreksi kemudian dilakukan tindakan,” tegasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *