Peran Humas dalam Pemerintahan Sangat Penting

SEMARANG (Asatu.id) – Hubungan Masyarakat (Humas) harus menjadi bagian pemerintah dalam menyampaikan informasi dan program-program yang telah dibuat pemerintah kepada masyarakat. Itu sebabnya peran Humas dalam pemerintahan saat ini sangat penting.

“Saya ingin peran Humas dapat optimal dalam menyampaikan dan mengomunikasikan program kerja pemerintah kepada masyarakat. Namun, cara penyampaiannya juga harus diperhatikan dan sesuai dengan era generasi millenial saat ini,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar menyampaikan hal itu saat memberikan arahan di hadapan para Kabag Humas dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Tengah, dalam acara Rembug Kehumasan di Lantai I Grhadhika Bhakti Praja, Selasa (9/10).

Menurut Ganjar, tidak saatnya lagi Humas memberikan informasi dengan bahasa yang kaku. Sebab saat ini, masyarakat kurang senang dengan penyampaian informasi dengan cara-cara kaku.

“Bahasanya ya jangan kaku-kaku. Yang diksinya baguslah, kalimatnya bagus, kalau perlu dengan audio visual,” tambahnya.

Penyampaian Humas dalam merespon berbagai persoalan dari masyarakat, menurut Ganjar, juga harus cepat. Humas pemerintahan saat ini pun dituntut lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi yang terus berkembang.

“Publik saat ini sudah menggunakan teknologi informasi, jadi birokrasi juga harus memanfaatkan hal itu. Kalau tidak ya ditinggal,” tegasnya.

Mantan anggota DPR RI ini juga meminta humas tidak antikritik. Menurutnya, sudah menjadi hal yang wajar jika ada banyak kritik dari masyarakat di era saat ini.

“Jangan antikritik. Kritik itu menyehatkan, itu untuk memperbaiki. Jadi semua harus ditanggapi dengan baik. Namun, masyarakat juga kalau mengkritik jangan asal-asalan, tidak boleh maki-maki, menyebarkan hoaks dan sebagainya,” tambah gubernur. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *