Pakar Gizi : Ibu-Ibu Harus Perhatikan Gizi Seimbang untuk Anak

SEMARANG (Asatu.id) – Pakar Gizi Yuliana Noor Setiawati Ulvie, S.Gz., M.Sc mengatakan, salah satu yang perlu diperhatikan seorang ibu untuk anaknya tidak hanya tentang makanan tetapi juga dengan memperhatikan gizi seimbang, salah satunya adalah dengan berpedoman pada tumpeng gizi seimbang.

Hal itu ia kemukakan saat Talkshow bertajuk “Pentingnya Asupan Makanan untuk Anak dengan Kanker dan Kids Jaman Now” yang diselenggarakan oleh Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Semarang di Water Blaster baru-baru ini.

Ia mengungkapkan, selain kompetisi seimbang orang tua juga harus memperhatikan tentang pedoman gizi seimbang. Hal itu menurutnya menjadi salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terkena penyakit.

“Ini merupakan salah satu cara preventif untuk mengendalikan agar tidak terjadi peningkatan penyakit, salah satunya adalah kanker. Aneka ragam makanan tidak hanya satu makanan saja yang dikonsumsi,” ujarnya di hadapan para tamu baik guru, aktivis kesehatan dan lainnya.

Sementara itu, ia juga menyarankan adanya “Isi Piring Makanku” yang merupakan program dari pemerintah untuk porsi dan makanan yang tepat untuk dikonsumsi terutama agar tubuh sehat. Ia menjelaskan, dalam satu piring makan itu setengahnya untuk makanan pokok dan lauk-pauk kemudian setengahnya lagi untuk buah-buahan dan sayuran.

“Porsi sayuran lebih banyak yakni dua pertiga, sepertiganya buah, sepertiganya lagi lauk dan sepertiganya lagi makanan pokok,” jelasnya.

Tidak kalah penting, ia menekankan dalam makanan itu dilengkapi air putih. Hal itu lantaran menurutnya “anak zaman now” lebih suka minuman berasa dibandingkan dengan air putih sehingga ia menghimbau para orang tua untuk selalu waspada dan memperhatikan asupan makanan anak.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *