Maknai Olahraga, Gubernur Jateng: Sing Penting Awake Dewe Sehat

SEMARANG (Asatu.id) – “Sing penting awake dewe sehat,” begitulah ungkapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat ditanya makna olah raga dalam acara “Mas Ganjar Menyapa” dengan Topik “Olahraga Menyatukan Bangsa” yang disiarkan langsung dari Puri Gedeh, Rumah Dinas Gubernur Jawa Tengah.

Menurut Ganjar, masyarakat banyak yang kurang olahraga. Selain itu, ia mengungkapkan masyarakat sekarang ini cukup jarang makan buah-buahan dan sayur-sayuran sehingga ditemukan kasus-kasus berkaitan dengan kesehatan.

“Kemarin kita ngobrol soal stunting, soal gizi, ternyata masyarakat itu agak jarang makan buah sayur dan kurang olahraga,” terangnya.

Ia memaparkan, kurangnya aktivitas fisik yang berpengaruh pada kesehatan itu saat ini jarang diperhatikan masyarakat. Ditambah lagi masyarakat sudah dimudahkan dengan akses yang serba cepat sehingga banyak yang melupakan olahraga.

“Sedikit-sedikit naik ojek, becak, angkot, kok tidak ada yang berpikir jalan atau yang berpikir bersepeda, jarang sekali,” keluhnya.

Sementara itu ia menjelaskan, ada dua olahraga yang ditawarkan kepada masyarakat. Pertama adalah olahraga yang merupakan aktivitas sehari-hari dan kedua adalah olahraga yang mengarah pada prestasi. Ia pun kemudian menyinggung soal Asian Games yang baru-baru ini Jawa Tengah berhasil menorehkan prestasi.

“Memang yang prestasi ini membanggakan, sekarang saya kawinkan lagi dengan tourism, piknik. Kalau ada piknik ini ada ekonomi yang tumbuh juga. Olahraga bisa sekaligus menikmati keindahan, kesenangan dan sebagainya,” paparnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *