Cuci Tangan Cara Penting Hindari Penyakit

SEMARANG (Asatu.id) – Yuliana Noor Setiawati Ulvie SGz MSc, seorang Pakar Gizi, mengungkapkan untuk terhindar dari penyakit berbahaya bukan hanya menjaga asupan makanan, tetapi juga hal-hal lain baik kecil maupun besar.

Dalam Talkshow bertajuk “Pentingnya Asupan Makanan untuk Anak dengan Kanker dan Kids Jaman Now” yang diselenggarakan oleh Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Semarang, di Water Blaster, baru-baru ini, Yuliana mengungkapkan cuci tangan juga menjadi salah satu cara agar terhindar dari penyakit.

“Tidak hanya tentang makanan, tapi cuci tangan itu merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi. Namun demikian, cuci tangan harus dengan air yang mengalir menggunakan sabun, caranya juga harus tepat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam menerapkan kebiasaan tersebut juga harus ada peran serta orang tua. Menurutnya, tanpa contoh dari orang tua, anak pun akan enggan untuk melakukan kebiasaan tersebut.

“Jangan hanya meminta anak cuci tangan tapi ibunya lupa. Tidak hanya makanan, cuci tangan, sikat gigi tapi juga aktivitas bermain karena saat ini adalah anak jaman now,” terangnya.

Selanjutnya ia memberikan pengertian, pendidikan sejak anak dilahirkan adalah dari seorang ibu. Menurutnya, di “Zaman Now” yang serba instan ini orang tua terutama seorang ibu harus bisa memanajemen asupan-asupan makanan yang terbaik untuk anak.

“Pertama kali adalah ASI berikanlah yang terbaik, bagaimana caranya untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dan termotivasi untuk memberikan makanan terbaik untuk bayinya. Dilanjutkan ketika mereka sudah dianjurkan untuk makanan, kita harus bisa memanajemen itu semua. Kita multitalenta,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *