Orang Tua Harus Waspada Gejala Kanker

SEMARANG (Asatu.id) – Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Namun kebanyakan orang menganggap biasa atas gejala-gejala yang ditimbulkan sehingga enggan untuk memeriksakan ke dokter.

Dr. dr. Moedrik Toman, Sp.A(K) dalam Talkshow bertajuk “Pentingnya Asupan Makanan untuk Anak dengan Kanker dan Kids Jaman Now” yang diselenggarakan oleh Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Semarang mengungkapkan, penyakit kanker dapat dikenali dan dicegah secara dini. Hal itu menurutnya tidak harus dokter, melainkan petugas kesehatan lainnya dapat mengenali tanda-tanda jika seorang anak itu terindikasi kanker.

“Mungkin baik ibu guru, Pkk atau Posyandu bisa mengetahui dan waspada tentang anak didiknya itu terindikasi kanker atau tidak,” ujarnya.

Dr. Moedrik menjelaskan, penyakit kanker memiliki perkembangan yang semakin berat mulai stadium inisiasi, stadium promosi dan seterusnya. Menurutnya, ketidaksadaran masyarakat akan gejala-gejala itu banyak yang datang dalam kondisi sudah terjangkit ke stadium lanjutan.

“Ada yang datang sudah stadium promosi karena waktu stadium inisiasi seringkali tidak menampakkan gejala, sehingga tenang-tenang saja kemudian saat stadium promosi baru dirasakan,” terangnya.

Sementara itu, ia menghimbau kepada masyarakat untuk waspada dan segera membawa ke dokter jika menemukan tanda-tanda yang tidak wajar. Hal itu untuk mencegah maupun mengendalikan adanya hal-hal yang mengarah pada penyakit.

“Stadium inisiasi bisa berlangsung sebentar bisa juga lama, gejalanya sampai satu atau dua tahun seperti gampang sakit. Kalau semakin berat akan masuk ke stadium promosi, maka segera dibawa ke dokter agar dokter menentukan itu,” tegasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *