Dokter Moedrik Beri Cara Kenali Penyakit Kanker Sejak Dini

SEMARANG (Asatu.id) – Dr. dr. Moedrik Toman, Sp.A(K) mengungkapkan, kanker pada anak sebenarnya tidak dapat dicegah, berbeda dengan kanker dewasa. Namun dengan mengenali gejala-gejala itu secara dini, menurutnya kanker pada anak dapat tertangani dengan baik.

Hal itu ia kemukakan dalam Talkshow bertajuk “Pentingnya Asupan Makanan untuk Anak dengan Kanker dan Kids Jaman Now” yang diselenggarakan oleh Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) dalam rangka ulang tahun kedua YKAKI cabang kota Semarang baru-baru ini.

Menurut dr. Moedrik, penyakit kanker dapat dilakukan pencegahan dengan cara mengenali terlebih dahulu tentang kanker itu. Dengan mengenali tentang kanker dan gejala-gejalanya, orang tua akan tahu cara melakukan pencegahan penyakit tersebut.

“Jadi kenali dulu tentang kanker, kanker darah. Kanker darah yang terdiri sel darah putih, darah merah, sel pembeku darah memproduksi secara abnormal tidak melebihi batas terutama sel-sel darah putih,” jelasnya.

Ia menjelaskan, sel-sel darah tersebut diumpamakan seperti pabrik yang jika salah satunya terganggu maka semuanya akan terganggu.

Pertama sel darah putih memiliki fungsi untuk kekebalan atau daya tahan tubuh, sehingga jika sel tersebut yang terkena akan tampak gejala awal anak sering sakit. Hal itu lantaran daya tahan tubuhnya rendah. Kedua adalah sel darah merah, jika sel darah merah kurang akan terjadi pucat, anemia dan lain-lain.

Selanjutnya ia memaparkan, jika terjadi penekanan pada sel pembeku darah akan mudah terjadi pendarahan baik berupa mimisan, muntah darah, bintik merah atau bahkan lebam-lebam. Semua itu terjadi akibat pendarahan sel pembuluh darah.

”Anak-anak dengan gejala seperti itu gampang infeksi, kemudian pucat, lemah, tidak bergairah sering mimisan, sering berdarah. Nah secepatnya tolong kasih tau orang-orang yang lebih mengerti baik dokter dan sebagainya,” imbuhnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *