Ini Bantuan yang Dibawa Relawan Jateng ke Palu

SEMARANG (Asatu.id) – Sebanyak 119 relawan Jawa Tengah yang akan bertugas membantu para korban bencana gempa dan tsunami di Palu, secara resmi dilepas Gubernur Ganjar Pranowo, Sabtu (6/10).

Upacara pelepasan berlangsung di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan. Selain relawan, diberangkatkan pula sejumlah truk berisi bantuan dari berbagai instansi.

Menurut Kepala BPBD Jawa Tengah, Sarwa Permana, selama seminggu di lokasi gempa, para relawan akan mendirikan hunian sementara sebanyak 100 unit, layanan kesehatan, layanan air bersih, distribusi logistik dan pembuatan dapur umum.

Pihaknya juga membawa bantuan lain berupa uang tunai, obat-obatan, makanan, air bersih, dokter, personel trauma healing, dan sebagainya.

Rincian bantuan uang, masing-masing berasal dari BPBD Jateng Rp 450 juta, gabungan pengusaha farmasi obat-obatan senilai Rp 462 juta, yayasan kesehatan Telogorejo Rp 150 juta, Bank Jateng Rp175 juta untuk pembuatan hunian sementara, Korpri Rp 175 juta untuk pembuatan hunian sementara.

“Ada juga dari Dinas Kesehatan yang mengirimkan tenaga medis, obat-obatan serta peralatan rumah sakit, dari NTMC Polda Jateng, dari Kodam IV/ Diponegoro Rp 200 juta dan juga dari Polda Jateng yang mengirimkan tiga truk bantuan total Rp 300 juta,” terangnya.

Semua relawan beserta truk berisi bantuan logistik akan dibawa ke Palu menggunakan kapal. Usai upacara pelepasan, tim langsung berangkat melalui jalur darat menuju Surabaya, kemudian menggunakan kapal menuju Palu.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *