Bantu Korban Tsunami Sulteng, Pemprov Jateng Bangun 100 Hunian Sementara

SEMARANG  (Asatu.id) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah merasa terpanggil untuk membantu meringankan beban para korban bencana tsunami yang menimpa warga Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemprov Jateng akan membangun 100 unit hunian sementara di Provinsi Sulawesi Tenggara.  “Tiap unit hunian berukuran 6×4 meter. Hunian sementara ini dilengkapi berbagai fasilitas, seperti kamar mandi, cuci, kakus, dan aliran listrik,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Provinsi Jawa Tengah Sarwa Pramana, di Semarang, Jumat.

Menurut Sarwa, hunian sementara nanti akan dibuat sederhana. Sedangkan anggaran untuk membuat bangunan sederhana berupa triplek, seng, dan galvanis berasal dari bantuan jajaran Korpri dan Bank Jateng.

Selain itu, kata dia, Pemprov Jateng juga berencana memberikan bantuan obat-obatan, pakaian, dan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan para korban bencana di Sulteng.

Selama menangani para korban tsunami, tim kesehatan asal Jateng akan dibuatkan tenda khusus. Di dalam tenda tersebut, tenaga medis bantuan Jateng akan bekerja untuk menolong korban yang mengalami luka-luka atau penyakit lain yang ditimbulkan pascatsunami.

Sementara untuk mempermudah penyaluran bantuan para korban bencana di Sulteng, menurut Sarwa, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait dan para sukarelawan Jateng.

“Cukup banyak bantuan masyarakat Jateng untuk membantu sesama yang tertimpa musibah. Semua bahan bantuan akan kami angkut dengan kapal laut dari PT Pelni, Sabtu besok (6/10),’’ paparnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *