Taman Indonesia Kaya Representasi Ruang Bagi Seniman

SEMARANG (Asatu.id) – Taman Indonesia Kaya yang dibangun di Taman Menteri Supeno Kota Semarang ini kabarnya dapat menjadi ruang kesenian dan kebudayaan yang memberikan kemungkinan munculnya seniman, budayawan, aktor, aktris yang terbaik dari Kota Semarang dan Jawa Tengah.

Sehingga seniman itu nantinya yang akan turut meramaikan perhelatan panggung seni dan budaya baik di kancah lokal, nasional maupun Internasional.

Saat ditemui Asatu.id beberapa waktu lalu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menegaskan terkait keterlibatan seniman yang akan mengisi kesenian di taman tersebut. Dirinya mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang membuka diri dan akan bersinergi dengan Dinas Pariwisata Kota Semarang.

“Kami membuka diri dan akan saya sampaikan ke Dispar kalau sebulan ada 4 kali malam minggu, nanti yang malam minggu ke satu programnya akan di kelola oleh Djarum dan tiga malam minggu yang lain bisa bebas dipakai oleh grup atau komunitas-komunitas seni budaya, di Kota Semarang maupun Jawa Tengah” jelasnya.

Namun, dia melanjutkan, jika ada grup atau komunitas berkesenian bisa turut terlibat meramaikan Taman Indonesia Kaya tapi syaratnya harus menampilkan pertunjukan seni yang memiliki ciri kebudayaan Indonesia. Misalnya menampilkan pertunjukan  tari budaya, teater, musik dsb.

“Jadi nanti yang tampil harus grup atau komunitas yang punya ciri khas seni dan budaya Indonesia. Kalau musik rock atau dangdut ya ga boleh,” ungkapnya.

Wali Kota yang akrab siapa Hendi ini menambahkan bahwa Taman Indonesia Kaya yang terletak di Jl. Mentri Supeno Mugassari Semarang ini akan diresmikan tanggal 15 Oktober 2018 mendatang.

“Seharusnya pertengahan September yang lalu sudah diresmikan namun terpaksa diundur karena shelter pedagang kaki lima (PKL) di kawasan taman tersebut ternyata belum dapat difungsikan,” ujarnya.

Hendi berharap penyelesaian Taman Indonesia Kaya bisa segera dituntaskan 100 persen supaya masyarakat yang datang akan merasa nyaman.

“Harapannya progress pembangunan ini dapat segera dituntaskan 100 persen sehingga masyarakat yang datang akan merasa nyaman,” tandasnya.

Perlu diketahui Taman Indonesia Kaya memiliki dua panggung mini teater dengan kapasitas penonton 400 orang dan 1000 orang. Selain panggung, taman tersebut juga dilengkapi fasilitas ruang make up, ruang ganti, fasilitas bagi difabel, dan toilet.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *