Lokasi Pasar Induk Beras Jateng di Gudang Bulog Tambakaji

SEMARANG (Asatu.id) – Pasar Induk Beras (PIB) Jawa Tengah yang akan dibangun tahun depan di Semarang, telah mendapat calon lokasi di Gudang Beras Bulog Tambakaji, Ngaliyan. Lokasi itu memiliki enam unit gudang dengan luas tanah sekitar tiga hektar.

Selain itu, lokasi tersebut juga memiliki parkir luas, dekat dengan Gudang Beras Bulog Randugarut, akses jalan Pantura yang lebar, dekat dengan Pelabuhan Kendal, Bandara Ahmad Yani serta jalan tol.

Menurut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, rencananya PIB didesain tak hanya berupa deretan kios-kios. Tapi juga dilengkapi sarana-prasarana penunjang. Seperti gudang, jembatan timbang, balai lelang, mesin packing dan sarana pendukung lainnya.

“Kemarin dari Bulog sudah datang mereka merencanakan feasibility study dua bulan, langsung akan ditindaklanjuti, maka saya minta FS-nya dulu. Efektifitasnya mungkin awal tahun depan,” kata Ganjar, Selasa (2/10).

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, M Arif Sambodo, menyampaikan, dalam audiensi dengan Ganjar, Senin (1/10) lalu, pihaknya telah rapat di Kementerian Perdagangan terkait persiapan pembangunan PIB.

“Jadi anggaran dari pusat, penyediaan lahan dan pengelolaan pasarnya dilakukan bersama kita dengan bulog,“ katanya. (bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *