Jawa Tengah Siap Kirim Tenaga Kesehatan ke Palu dan Donggala

SEMARANG (Asatu.id) – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengatakan Jawa Tengah akan mengirim tenaga bantuan kesehatan ke Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Terkait instruksi gubernur untuk mengirimkan tenaga bantuan kesehatan ke Palu dan Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah, Yulianto menyatakan pihaknya telah menyiapkan personil untuk membantu pemulihan bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah tersebut.

“Intruksi dari Pak Gubernur agar membantu saudara kita di Sulawesi Tengah. Bekerjasama dengan Dinas Sosial, kami sudah menyiapkan tenaga kesehatan untuk berangkat ke Palu dan Donggala,” ungkapnya usai mengisi Prime Topic di Noormans Hotel (1/10).

Mengenai jumlah tenaga medis yang akan diberangkatkan, Yulianto mengatakan Dinas Kesehatan (Dinkes) akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah mengenai jumlah personil yang bisa diberangkatkan.

“Untuk jumlah personil akan ada koordinasikan dengan BPBD, namun kami telah menyiapkan beberapa tenaga media seperti dokter spesialis ortopedi, anesthesi, dokter umum, perawat, serta tenaga kesehatan lain yang siap menjalankan tugas,” papar Yulianto.

Dinkes Jawa Tengah juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah dalam penyediaan bantuan logistik. Namun Yulianto menjelaskan jika berkaca pada peristiwa di Lombok beberapa waktu lalu, Jawa Tengah sudah memiliki gambaran bantuan apa saja yang harus dikirimkan.

“Pengalaman dari gempa di Lombok yang lalu, kami sudah ada gambaran apa saja yang diprioritaskan baik dalam layanan kesehatan maupun logistik,” pungkas Yulianto.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *