Wali Kota Hendi: Tegaskan Pancasila sebagai Dasar Negara adalah Harga Mutlak

SEMARANG (Asatu.id) – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan, jika Pancasila sebagai dasar negara adalah mutlak dan tidak perlu diperdebatkan lagi.

“Tidak perlu ada lagi perdebatan, Pancasila itu adalah dasar negara kita,” tegas Wali Kota yang akrab disapa Hendi usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kota Semarang, di Halaman Balai Kota Jalan Pemuda, Semarang, Senin (1/10).

Untuk itu, Hendi menjelaskan kegiatan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada hari ini merupakan wujud dharma bhakti kita terhadap saktinya dasar negara Pancasila.

“Dasar negara kita tidak lain ya Pancasila dan pada hari ini, kita memperingati hari kesaktian Pancasila sebagai wujud dharma bhakti kita kepada Pancasila dan Negara Indonesia,” lanjutnya.

Hendi menandaskan, sejarah kelam tentang G30S/PKI atau Gerakan 30 September merupakan bukti jika dasar negara Pancasila dirongrong oleh paham dan keyakinan lain, namun tidak berhasil.

Akibat tindakan PKI tersebut, lanjut dia, tujuh perwira menjadi korban penculikan dan pembunuhan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yang akan mengganti Pancasila sebagai satu-satunya dasar negara Indonesia.

“Kita punya sejarah bangsa yang waktu itu cukup kelam tanggal 30 September ada tujuh Jenderal yang diculik oleh pihak yang ingin merongrong dasar negara Pancasila. Tapi Alhamdulillah, sejarah juga mengatakan, bahwa Pancasila hari ini tetap kokoh dan sekarang juga kokoh,” tandasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *