Forum Sungai Klampok Gelar Apel ‘Gerakan Semut Sampah’

SEMARANG (Asatu.id) – Ketua Forum Sungai Klampok, M Amin menyatakan, Gerakan Semangat Memungut (Semut) Sampah yang dilakukan pihaknya, bertujuan melestarikan sungai dan alam, khususnya Sungai Klampok di Kecamatan Bergas.

Amin menambahkan, kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari, yakni tanggal 24-27 September 2018. Selama kegiatan, para anggota Forum Sungai Klampok bergotong royong memungut sampah dan mengangkat endapan lumpur sungai.

“Kegiatan peduli lingkungan ini melibatkan Forum Sungai Klampok, yang beranggotakan komunitas lingkungan, pengusaha, pemerintah, relawan peduli sungai, dan elrmen masyarakat lainnya,” kata Amin, di sela acara Apel Gerakan Semangat Memungut (Semut) Sampah di Kompleks Cimory, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Kamis (27/9). Apel itu juga dihadiri Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen.

Data Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jateng pada 2016, menunjukkan timbunan sampah di Jateng mencapai 15.671 ton/hari atau 5.719.915 ton/tahun.

Jumlah tersebut terdiri dari jenis sampah organik mencapai 63,3%, anorganik 36,34% dan kategori sampah bahan berbahaya dan beracun (B3) sebanyak 0,29 %.

Sampah plastik yang dihasilkan rata-rata berkisar 17,7%. Dari total sampah tersebut, yang terangkut ke TPA 4.006 ton/hari atau sekitar 25.77%. Sedangkan selebihnya ada yang dibakar, dibuang ke sembarang tempat termasuk di sungai, dikubur dalam tanah, serta ada pula yang dikelola atau diolah menjadi pupuk atau produk kerajinan.

Menurut Wagub Taj Yasin, berbagai upaya menjaga kebersihan lingkungan telah dilakukan Pemprov Jateng, diantaranya menetapkan “Jumat Bersih”. Yakni setiap Jumat pagi di sela berolahraga juga bersih-bersih, minimal di lingkungan masing-masing.

“Tidak kalah penting adalah menggencarkan budaya tidak membuang sampah, melainkan mengelolanya secara bijak. Yakni mengolah sampah organik menjadi kompos dan anorganik menjadi beragam produk kerajinan,” tuturnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *