Bakar Semangat Literasi dengan Semarang Membaca

SEMARANG (Asatu.id) – Ratusan siswa-siswi tingkat sekolah menengah hingga usia dini mengikuti kegiatan Semarang Membaca di SMP Negeri 3 Semarang, Rabu (26/9) siang.

Semarang Membaca digagas oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang bekerjasama dengan Rotary Club Semarang, bersamaan dengan bulan literasi yang sesuai deklarasi UNESCO jatuh setiap bulan September.

Ditemui setelah acara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Gunawan Saptogiri mengatakan acara ini diadakan serentak di sekolah hingga dinas di Semarang dari pukul 9-10 pagi.

“Di sini SD, SMP, SMA dan SMK serentak membaca selama satu jam, dari jam 9 hingga 10 pagi,” ujar Gunawan.

Beliau menambahkan acara ini diadakan mengingat adanya kecenderungan menurunnya minat membaca di Kota Semarang, sehingga perlu disuntikkan kembali semangat membaca warga Semarang terutama para pelajar.

“Acara seperti ini akan diadakan setiap tahun untuk meningkatkan semangat membaca anak-anak,” ungkapnya.

Minat membaca sendiri, sangat penting terus ditanamkan kepada para pelajar di Semarang. Melalui acara Semarang Membaca serta program literasi di sekolah.

“Harapannya semangat membaca tidak hanya muncul hari ini, tetapi juga berkelanjutan di sekolah,” terang Gunawan.

Gunawan menjelaskan, pemerintah telah menerapkan program literasi untuk menyematkan membaca dalam pendidikan karakter kurikulum 2013 yang saat ini diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia, terutama di Kota Semarang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *