Perbaikan Infrastruktur Irigasi, Upaya Memuliakan Petani

SEMARANG (Asatu.id) – Kepala Balai Mutu Hasil Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah, Heru Tamtomo mengatakan, langkah pemerintah untuk meningkatkan hasil pertanian pangan bisa dilakukan dengan mekanisasi dan perbaikan infrastruktur irigasi.

“Harapannya dapat memudahkan petani dan menurunkan cost produksi serta melipatgandakan hasil panen,” kata Heru saat menjadi narasumber dalam diskusi Prime Topic bertema “Memuliakan Petani” di Noormans Hotel, Semarang, Senin (24/9).

Nara sumber lain, Prof Sony Heru Priyanto, Guru Besar UKSW menandaskan, ada dua hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk memuliakan petani. Yaitu dengan memberikan subsidi atas hasil panen dan membeli hasil pertanian dengan harga lebih tinggi dari petani.

“Harus ada penghargaan untuk petani. Sederhana sebenarnya, tinggal masukkan saja (subsidi) ke anggaran. Petani senang dan dan akan meningkatkan produksi. Pertanyaanya sekarang tinggal bagaimana pemerintah,” ujar Sony

Terkait dengan permasalahan itu, anggota Komisi B DPRD Jateng, Achsin Makruf mengutarakan, alokasi anggaran pertanian harus dinaikkan dan menjadi prioritas.

Pasalnya, lanjut Achsin, anggaran sektor pertanian pada APBD Jateng 2018 masih kalah dengan sektor infrastruktur, kesehatan dan pendidikan. Apalagi kondisi pertanian saat ini gencar digenjot.

Achsin Makruf menambahkan bahwa prioritas anggaran untuk pertanian mesti dimasukkan dalam RPJMD Jateng lima tahun ke depan. Dia menyebutkan, anggaran pertanian di 2018 ini masih di bawah Rp1 triliun.

“Jumlah tersebut kecil jika melihat keinginan pemerintah mewujudkan swasembada dan mewujudkan ketahanan pangan. Akibatnya, belum semua kebutuhan petani diakomodir oleh pemerintah,” kata Achsin.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *