Festival Karimunjawa Digelar Mulai Hari Ini Sampai Minggu

SEMARANG (Asatu.id) – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, bekerjasama dengan Komunitas Karimunjawa dan Pemerintah Kabupaten Jepara, menggelar Festival Karimunjawa 2018. Kegiatan berlangsung mulai hari ini, Selasa (25/9) sampai Minggu (30/9) mendatang.

Beberapa hari sebelumnya, tepatnya Kamis (20/9), di Karimunjawa juga berlangsung puncak acara Barikan Kubro Haul Sunan Nyamplungan dengan rangkaian iring-iringan tumpeng yang mengelilingi Kampung Karimunjawa. Ini merupakan tradisi setiap bulan Sura.

Kabid Pemasaran Disporapar Jawa Tengah, Alamsyah menyatakan, Karimunjawa memang memiliki banyak potensi, sehingga layak difestivalkan.

Pihak Disporapar Jateng sendiri bertekad untuk mengakomodasi setiap event wisata yang sedang berkembang, khususnya di Jawa Tengah agar bisa masuk di skala nasional dan Internasional.

Sebagai contoh, menurut Alamsyah, Karimunjawa sudah ditetapkan Kementerian Pariwisata sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

“Potensi wisata dan kunjungan wisatawan di Karimunjawa pun hingga saat ini sudah banyak.  Kami berharap baik dari masyarakat sekitar maupun mancanegara bisa ikut meramaikan event tersebut,” kata Alamsyah kepada awak media di Semarang, Selasa (25/9).

Menurut data 2017, Karimunjawa menempati urutan kedua daya tarik wisata alam yang disukai wisatawan mancanegara setelah Dataran Tinggi Dieng. Berikutnya adalah Punthuk Setumbu, Pantai Kartini, Puncak Sikunir, Merapi, Merbabu, Bandungan dan Gunung Lawu.

Adapun serangkaian acara yang digelar saat Festival Karimunjawa antara lain, Selasa (25/9) Aksi Sapta Pesona, pada Rabu (26/9) Pentas Wayang Kulit, Kamis (27/9) akan digelar expo produk unggulan dan festival kuliner, work shop dan lomba perahu hias, workshop pariwisata, tarian dan music, serta perform grup band Andromeda.

Pada Jumat (28/9) ada senam maumere, lomba nyanyi, expo produk Karimunjawa 2018, lomba blogger dan fotografi, sarasehan ‘Goes to Sail 2018’, lomba mancing Nasional, reog Barongan, dan Karimunjawa bergoyang. Untuk Sabtu (29/9) akan digelar final menyanyi, gala dinner, tari egreg pesisiran (tarian sambutan Gubernur), pencanangan Festival Karimunjawa, CongRock- Reagee beach.

Dan pada Minggu (30/9) akan diramaikan dengan campursari, walking fun beach Karimunjawa, lawak jawa, dan pembagian doorprize. “Bagi yang mempunyai skill fotografer dan blogger akan kita wadahi,” kata Alamsyah.

Rencananya, Festival Karimunjawa secara resmi akan dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada Kamis (27/9) di Alun-alun Karimunjawa, bersamaan dengan Expo Produk Unggulan dan Festival Kuliner. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *