Kapolda Siapkan Pengawalan dan Pengamanan Kunjungan Capres Cawapres

SEMARANG (Asatu.id) – Masa kampanye untuk Pemilu 2019 telah dimulai sejak 23 September 2018 lalu. Para calon legislatif, baik DPR RI, DPRD, DPD, bahkan Capres-Cawapres, langsung melakukan kunjungan atau auduensi dengan masyarakat.

Khusus untuk pengamanan Capres-Cawapres, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah telah menyiapkan tiga tim khusus yang ditugaskan mengawal calon presiden dan calon wakil presiden saat berkampanye di wilayahnya.

Menurut Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono, pengawalan yang dilakukan Polda itu sebagai langkah pengamanan untuk capres dan cawapres.

“Kita sudah siapkan tim pengawalan khusus bilamana capres cawapres datang ke Jateng,” kata Kapolda usai menghadiri Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019, di Lapangan Simpanglima, Semarang, Minggu (23/9).

Kapolda mencontohkan, untuk kunjungan Cawapres Sandiaga Uno di Semarang, pihaknya juga sudah melakukan pengawalan.

Terkait sistem pengawalan dan pengamanan, menurut Kapolda, ada tiga tim yang terdiri dari pengawalan lalu-lintas, pengawalan pribadi, dan escape jika diperlukan.

Kapolda menjamin anak buahnya bakal memberikan pengamanan dengan baik. Sebab, anggota tim yang ditugaskan mengawal capres dan cawapres sudah dilengkapi kompetensi yang dibutuhkan.

“Mereka sudah dilatih saat pra operasi pengamanan di Akpol. Jadi sudah teruji kompetensinya mulai dari bela diri, mulai dari anggota bisa laksanakan taktik dan teknik mengamankan obyek ,” jelas Kapolda Condro. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *