Gubernur Ingatkan Pentingnya Cegah dan Tanggulangi Stunting

Hal itu ditegaskan gubernur saat Pembukaan “Orientasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Pencegahan Stunting”, di Hotel Setos Semarang, Rabu (19/9) malam.Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Kementerian Kesehatan RI Intan Endang, Ketua Umum DPP Pergerakan Wanita Nasional Indonesia (Perwanas) M Suprapti, Ketua DPD Perwanas Sri Heriyanti, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng dr Yulianto, para ketua organisasi wanita, serta kader-kader kesehatan.

Terkait masalah stunting tersebut, gubernur meminta semua komponen masyarakat ikut terlibat dalam mengampayekan hidup sehat guna mencegah gangguan tumbuh kembang anak akibat kurang gizi kronis atau stunting itu.

“Selama 73 tahun kita merdeka masak masih ada yang kerdil atau cebol. Ini harus menjadi gerakan bersama-sama, karena peran masyarakat sangat penting dalam pencegahan stunting. Beragam inisiatif masyarakat dalam upaya pencegahan stunting perlu digelindingkan terus,” ujar Gubernur.

Pada kegiatan yang berlangsung pada 19-20  September 2018 dengan tema “Penting! Perwanas Bergiat dalam Mencegah dan Menanggulangi Stunting” itu, gubernur juga menyampaikan, pemerintah bersama organisasi-organisasi perempuan, salah satunya Perwanas mengajak masyarakat bergerak dan mendorong kabupaten/kota di Jateng untuk mencegah stunting.

Gubernur menekankan, peran Perwanas, TP PKK, organisasi masyarakat atau komunitas peduli kesehatan untuk terlibat sosialisasi langsung di lapangan. Hal itu dalam upaya merubah perilaku sehari-hari masyarakat yang belum memahami pentingnya hidup sehat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *