USM Kembali Beri Pembekalan Calon Wisudawan

SEMARANG (Asatu.id) – Universitas Semarang (USM) melalui USM Career and Alumni Center (UCAC) member pelatihan untuk calon Wisudawan agar siap terjun di dunia kerja. Pelatihan ini diselenggarakan Senin (17/9) di Auditorium Ir. Widjatmoko USM dengan pembicara Prof. Dr. Hardani Widhiastuti. MM., psikolog, dan Fahrudin Arif, SP, S.Psi., M.Si.

Dengan tema “Ready for Your Dream Career”, wisudawan mendapatkan berbagai informasi penting khususnya dalam mempersiapkan diri setelah lulus kuliah nanti. Tidak hanya itu mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk melamar pekerjaan secara langsung.

Dalam kesempatan pembekalan kali ini UCAC juga bekerja sama dengan beberapa instansi yang membuka kesampatan kepada calon wisudawan untuk berkonsultasi dan menyerahkan lamaran kerja secara langsung.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Mochamad Chaerul Latif, S.Sos, M.Si mengatakan bahwa mahasiswa USM harus memiliki rasa percaya diri untuk terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Selain itu para calon wisudawan diharapkan dapat bekerja sesuai tempat dan kompetensi bidang keilmuannya.

Ketua UCAC USM, Fitria Linayaningsih menambahkan UCAC USM sebagaifa silitator Alumni dan pusat pengembangan karir ingin berkontribusi memberikan pelatihan yang terakhir sebelum para wisudawan meninggalkan kampus, terlebih lagi dalam kaitannya mempersiapkan diri masuk dalam dunia kerja.

Melalui kegiatan tersebut Calon Wisudawan diberi pemahaman tentang pentingnya tracer study, bahwa data alumni merupakan salah satu data yang sangat berpengaruh terhadap proses akreditas fakultas maupun universitas.

Selain itu, kegiatan tersebut menginformasikan kepada calon wisudawan bahwa dua tahun yang akan datang universitas membutuhkan kesediaan mereka untuk mengisi data tracer study guna kaitannya dalam peningkatan kualitas Universitas Semarang.

“Harapannya setelah diadakan acara ini, para calon wisudawan mengetahui gambaran mengenai kehidupan setelah lulus kuliah dan siap menghadapinya. Para calon wisudawan segera dapat mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kompetensi mereka. Mereka paham akan peranan mereka dalam memberikan informasi khususnya kontribusi sebagai alumni dan tracer study,” ujarnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *