Semarang Hotel and E-Commerce Community: Stop Kompetisi, Let’s Go Koalisi

SEMARANG (Asatu.id) – Sejumlah hotel di Kota Semarang mendeklarasikan penanggulangan disparitas harga reservasi daring peresmian Semarang Hotel Reservation and E-Commerce Community (SHREC), di Star Hotel, Sabtu (15/9).

General Manager (GM) MaxOne Hotel Jakarta, Jimmy Situmeang mengatakan kerja sama antara hotelier ini dapat memberikan keuntungan dalam meningkatkan revenue hotel masing-masing. “Hotel jaman now perlu stop kompetisi, let’s go koalisi,” ujar Jimmy.

Dalam perkembangan teknologi tidak bisa dipungkiri jika hotel harus bekerja sama dengan online travel agency (OTA), meski dalam prakteknya sering terjadi perang harga online yang cukup signifikan.

“Dalam proses online sering terjadi perbedaan harga, hotel bintang 3 lebih murah dari bintang 2 dan bintang 4 lebih murah dari bintang 5,” aku Jimmy.

Namun, ungkap Jimmy yang hari itu juga merangkap sebagai narasumber dalam seminar mengenai disparitas harga hotel melalui OTA, hotel harus merapikan harganya masing-masing.

“Hotel harus aware dengan promosi apa yang berlangsung di OTA, bisnis apa yang bisa digarap dari situ sehingga dapat merapikan harga,” terangnya.

Melalui komunitas SHREC ini, dia berhara pihak hotel selalu mendapatkan pembaharuan informasi mengenai promosi-promosi yang sedang berlangsung. Ke depan, kerja sama ini dapat membatasi perang harga online serta meningkatkan revenue hotel.

“Dengan kerja sama ini diharapkan adanya keseimbangan informasi untuk hotel, sehingga bersama hotel-hotel ini dapat membatasi perang harga dan meningkatkan revenue,” pungkas Jimmy.(is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *