Gubernur Lepas Kontingen Jateng ke Temu Karya Relawan PMI Nasional

SEMARANG (Asatu.id) – Banyak kegiatan kemanusiaan yang dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI), seperti membantu korban bencana, menyediakan dapur umum, dan sebagainya. Namun di kalangan masyarakat, kegiatan PMI hanya identik dengan donor darah.

Gambaran wacana seperti itu dilontarkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat melepas Kontingen PMI Jateng yang akan mengikuti Temu Karya Relawan PMI keenam Tingkat Nasional di Purwakarta Jabar pada 17-22 September 2018.

“Saya punya banyak catatan tentang PMI. Bukan hanya donor darah karena aktivitasnya banyak sekali. Donor darah pun bukan aktivitas sekadar karena punya nilai kemanusiaan yang luar biasa, dan Jateng selalu juara soal itu,” ucap Ganjar, di Ruang Rapat Gedung A Lantai II Kantor Gubernur, Jumat (14/9).

Aktivitas PMI Jateng dalam membantu bencana pun, dipandang gubernur sangat baik karena tidak terpengaruh dengan konflik yang kadangkala terjadi di lapangan. Wakil Presiden Jusuf Kalla, lanjut dia, pernah memuji aktivitas PMI yang memiliki SDM serius, program pelatihan yang bagus, gedung dan sarana prasarana memadai.

Karenanya, gubernur meminta PMI Jateng senantiasa menjaga nama baik. Kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang dilakukan PMI Jateng selama ini berkontribusi  menjaga NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan Pancasila.

“Jaga nama baik Jateng. Tepa slira, jaga relasi antarmasyarakat, antarsedulur, antarsesama orang Jateng. Ikut berkontribusi untuk bisa mengembangkan semangat kemanusiaan. Karena orang menolong itu tidak pernah ditanya agamamu apa, rekeninge jumlahe pira, sukunya apa, tinggalnya di mana. Nggak ada,” pesan Ganjar.

“Begitu ada bencana langsung ditolong. Ini contoh bagaimana PMI ikut terus menjadi jagrak-nya (penyangga) NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan Pancasila. Nek jagrakke mboten kuat, ambruk. Kita tidak mau republik ini ambruk. PMI bisa menunjukkan dari operasi kemanusiaan yang dilakukan,” tambahnya. (bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *