Punya Jaminan Kesehatan Tak Berarti Abaikan Kesehatan Diri

SEMARANG (Asatu.id) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan tidak mengabaikannya, meski sudah memiliki jaminan maupun asuransi kesehatan.

“Semua berpikir karena kalau saya sakit sudah dijamin. Itu keliru. Yang perlu dipikirkan sekarang adalah saya jangan sampai sakit,” pesan gubernur saat menghadiri Launching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Semarang Selatan (Germas Semsel), di Stadion Tri Lomba Juang, Jumat (14/9).

Orang nomor satu di Jawa Tengah itu menambahkan, Germas semestinya menjadi gaya hidup, di mana masyarakat seharusnya membiasakan pola hidup bersih dan sehat. Seperti, menjaga kebersihan lingkungan, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, dan rutin berolahraga. Sehingga kualitas kesehatan masyarakat pun semakin baik.

Ganjar juga mengingatkan masyarakat agar tidak lupa mencuci tangan dengan sabun sebelum makan maupun setelah buang air besar/kecil. Meski sederhana, mencuci tangan memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kesehatan.

“Germas dijadikan politik kesehatan dari sisi hulu. Pola hidup sehat seperti olahraga, makan makanan bergizi, lingkungan bersih kalau kita bisa menggerakkan ini setiap saat bisa mencegah warga dari sakit. Kualitas kesehatan kita akan meningkat,” ujarnya.

Alumnus UGM itu mencontohkan, Pemprov Jateng membuat gerakan Jumat bersih usai berolahraga bersama. Dia berharap, gerakan Jumat bersih itu dapat menjadi tradisi positif yang ditiru oleh masyarakat.

“Kami di provinsi menggalang gerakan ramai-ramai setiap hari Jumat setelah olahraga, kita resik-resik. Mudah-mudahan ini menjadi tradisi,” pungkasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *