Apresiasi Kinerja Pemkot, Kadin Semarang Gelar Seminar Nasional

SEMARANG (Asatu.id) – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Semarang gelar Seminar Nasional bertajuk “Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Nasional Terhadap Perekonomian Daerah” di Hotel Aston Inn, Kamis (13/9).

Dalam kesempatan itu hadir selaku pembicara Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Direktur Utama PT. PP Persero Lukman Hidayat, dan Pengamat Ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Dr Avilliani SE, MSi.

Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Semarang Arnaz Andrar Asmara mengatakan, acara seminar nasional bertajuk “Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Nasional Terhadap Perekonomian Daerah” bertujuan untuk mengetahui progres kondisi perekonomian Nasional maupun daerah (Kota Semarang) saat ini.

“Dan yang hadir dalam seminar ini, kebanyakan mereka dari kalangan pengusaha, jasa keuangan, maupun dari kalangan akademisi. Dan kalau saya melihat ini sebagai bentuk pencerahan, karena dari mereka yang hadir dapat melihat dan mengetahui apa yang harus dilakukan kedepan dengan kondisi perekonomian saat ini,” katanya.

Lebih lanjut Arnaz juga mengungkapkan, kegiatan Seminar Nasional tersebut juga sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja dari Pemerintah Kota Semarang di bawah kepemimpinan Walikota Hendrar Prihadi, yang mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Semarang.

“Kami hadirkan Walikota Semarang Pak Hendi, karena semua penghargaan sudah di sapu bersih olehnya khusunya dalam hal pertumbuhan ekonomi. Baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional, antara lain berupa faktor budaya, iptek dan faktor guna pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Arnaz pihaknya menghadirkan salah satu ekonom terbaik yakni Afiliani yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Komite Ekonomi Nasional (KEN). Dan juga Dirut PT PP Persero Lukman Hidayat yang merupakan orang asli Kota Lumpia.

“Seperti juga Pak Lukman Hidayat yang merupakan putra asli Kota Semarang, yang sangat mengetahui detail bagaimana kondisi dan perkembangan pembangunan infrastruktur di Kota Semarang. Karena kita mengetahui bahwa infrastruktur merupakan salah satu pendukung untuk menumbuhkan ekonomi di suatu wilayah,” ungkapnya.

Dengan digelarnya Seminar tersebut, Arnaz juga berharap sinergi antara Kadin Kota Semarang dengan Pemerintah Kota Semarang dalam hal menumbuhkan perekonomian dapat terus terjalin dengan baik. Hal ini mengingat, peran serta para pengusaha dalam hal memajukan kota memiliki peran yang sangat besar.

“Di era Kadin saat ini peran serta antara pengusaha dan Pemerintah sangat besar. Bahkan banyak kegiatan-kegiatan di Kota Semarang yang notabennya tidak menggunakan dana APBD, melainkan ada yang benar-benar murni dari sektor swasta. Dengan kerjasama antara Pemerintah dan sektor swasta tersebut, tidak menutup kemungkinan dapat menjadi pemicu untuk para investor dapat masuk ke Kota Semarang,” ungkapnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *