Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng Berhasil Turunkan Angka Kematian Ibu Hamil di Jawa Tengah

SEMARANG (Asatu.id) – Ketua PKK Jawa Tengah, Atikoh Ganjar Pranowo mengungkapkan, Program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng terbukti berhasil, hal itu terbukti dengan  Angka Kematian Ibu (AKI) hamil mengalami penurunan secara signifikan.

Menurutnya pada tahun 2017, AKI di Jawa Tengah sebesar 226 kasus, jumlah tersebut lebih kecil dibanding tahun 2016 yang mencapai 711 kasus. Angka 226 tersebut bahkan melampaui rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

“Jadi dengan pola ini hasilnya luar biasa. Sebelumnya di Jawa Tengah ada 711 kasus kematian ibu, hingga tahun 2017 menurun sampai 226 kasus,” katanya.

Selanjutnya Atikoh berharap program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng akan terus di galakkan, sehingga dapat terus menekan angka kematian ibu hamil, dan menjaadi program pencegahan yang efektif.

“Melalui program seperti ini harapannya bisa mencegah stunting. Dengan memberi edukasi kepada masyarakat, contohnya remaja putri dan pasangan yang akan menikah, sehingga ketika ibu mengandung orangtua telah mempersiapkan diri,” ujar Atikoh.

Selain itu, edukasi pada remaja putri juga sangatlah peting dilakukan sejak dini. Yakni seperti sosialisasi pemenuhan gizi yang tepat, serta pengenalan seribu hari pertama tumbuhnya bayi dari dalam kandungan hingga kelahiran untuk mengedukaso pasangan yang akan menikah. (bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *