DPRD Jateng Bentuk Pansus Raperda Inovasi Daerah

SEMARANG (Asatu.id) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah mengapresiasi tekad Pemprov Jateng untuk terus berinovasi, khususnya dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Salah satu bentuk apresiasi, para wakil rakyat membentuk Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Inovasi Daerah, pada Rapat Paripurna di Gedung DPRD, Senin (3/8). Pansus diketuai Yudi Sancoyo dan Wakil Ketua Muhammad Rodhi.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Drs Syarifuddin MM yang diwakili Sekda Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono KS MP mengatakan, Raperda tersebut disusun berdasarkan pengaturan dua konsep inovasi.

Yang pertama, inovasi dalam rangka pembaharuan terkait penyelenggaraan pemerintah daerah oleh pemerintah daerah yang diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

“Yang kedua inovasi dalam rangka peningkatan produk atau proses produksi oleh masyarakat yang diatur pada UU Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,” kata Sekda.

Sri Puryono juga mengatakan, adanya raperda tersebut akan meningkatkan kinerja Pemprov Jateng dalam mengusulkan dan menghasilkan produk-produk kebijakan inovasi. Selain itu mengefisienkan dan mengefektifkan pelayanan terhadap masyarakat dengan pelayanan-pelayanan yang inovatif.

“Setelah raperda ditetapkan sebagai perda, akan terbangun interaksi dan kolaborasi antara stakehoder terkait dalam bidang penelitian, pengembangan, dan inovasi di Jateng. Sehingga akan meningkatkan daya saing daerah,” harapnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *