Masuk Salah Satu 10 Destinasi Prioritas, Borobudur Masih Perlu Perbaikan

SEMARANG (Asatu.id) – Anggota Komisi X DPR RI A Mujib Rohmat mengatakan, ada beberapa kelemahan fasilitas di Candi Borobudur. Hal itu menurutnya perlu dilakukan perbaikan-perbaikan sehingga tidak mengecewakan wisatawan karena menjadi salah satu  dari 10 destinasi prioritas di Indonesia.

Ia menuturkan, beberapa kelemahan itu antara lain infrastruktur dan sumber daya manusia. Selain itu, menurutnya, manajemen pengelolaan di sekitar Borobudur masih amatiran sehingga perlu dimaksimalkan kembali fasilitas-fasilitas itu lantaran memiliki pengaruh besar terhadap wisatawan.

“Kita melihat kelemahan itu pertama adalah infrastruktur, kedua SDM. Termasuk dalam destinasi wisata barangkali membutuhkan infrastruktur yang bagus dan SDM-nya adalah soal bahasa,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya manajemen pengelolaan. Misalnya di Borobudur, ada home stay, juga masih sangat terbatas dan pengelolaannya masih sangat amatiran.

“Banyak yang menaruh perhatian ke sana karena banyak orang yang datang ke sana sangat kagum, dia menikmati, tapi pertanyaan terakhir mau ke sini lagi atau tidak, jawabannya tidak,” terangnya.

Menurutnya, hal tersebut masih menjadi persoalan sehingga perlu dicarikan solusi.

“Ini yang perlu kita cari, salah satunya adalah home stay kita, bukan hanya aman nyaman tapi juga bersih. Hal-hal semacam ini berpengaruh bagi wisatawan kita,” tambahnya.

Sementara itu, ia menegaskan, perlu adanya pemaksimalan pula berkaitan dengan kenang-kenangan, kuliner dan kebudayaan di kawasan Borobudur. memasuki Asian Games ini dibutuhkan gagasan-gagasan yang menarik sehingga dapat meningkatkan pula perekonomian untuk daerah destinasi.

“Memasuki Asian Games ini kita bisa menawarkan 10 destinasi pariwisata setelah selesai pertandingan. Di Jateng ada ini ada Borobudur, juga sekaligus ada atlet panjat tebing dari Grobogan yang mendapat medali emas di Asian Games. Nah, mudah-mudahan ada gagasan bagus sehingga ada dampak ekonomi untuk daerah destinasi,” imbuhnya. (bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *