Borobudur Bisa Tingkatkan Sektor Pariwisata di Joglosemar

SEMARANG (Asatu.id) – Dalam rangka percepatan pembangunan di  10 destinasi pariwisata prioritas, Anggota Komisi X DPR RI A Mujib Rohmat mengatakan pihaknya berharap dari destinasi khususnya Borobudur tidak hanya berpengaruh pada destinasi pariwisata yang berkaitan , akan tetapi juga dapat menikatkan sektor wisata di destinasi wisata lain disekitarnya.

“Kami berharap dari destinasi ini itu bisa mempengaruhi pada lingkungannya karena mereka ke Borobudur tentu tidak hanya ke Borobudur. Kita juga sudah siapkan Joglo Semar, mungkin di Borobudur jadi tempat mereka melihat sejarah dan lain sebagainya tapi dengan menginap di Jogja di situ juga ada kuliner, melihat kebudayaan dan sebagainya,” ungkapnya usai menghadiri Bimtek Pengembangan Destinasi dalam rangka kegiatan Tourism Integrated Masterplan di Hotel Dafam, Kamis (30/8).

Ia menambahkan, untuk Semarang ia menekankan untuk bisa memperlihatkan produk-produk yang dihasilkan baik budaya, sejarah maupun kulinernya. Hal tersebut agar luar daerah yang disebut destinasinya dari sepuluh itu dapat memaksimalkan potensi lain. Tidak hanya Borobudur saja tetapi juga lingkungan sekitarnya, seperti Karimunjawa, Dieng, Rawapening dan lain-lain.

“Itu semua saya kira akan membangkitkan pariwisata di indonesia. Kanan kiri semarang itu misalnya ada Demak. Kemudian Ceng Ho, kita punya pariwisata yang sangat banyak variannya. Maka itu khusus di Jateng kami berharap beberapa daerah di Propinsi Jateng memberikan perhatian yang sangat besar baik pemerintah daerahnya maupun dalam arti ekonomi desa, mahasiswa juga membantu kemajuan masyarakat Jateng,” terangnya.

Ia menekankan, pilihan destinasi-destinasi tersebut telah melalui beberapa pertimbangan. Sepuluh destinasi pariwisata prioritas dengan sebarannya itu salah satunya dimaksudkan agar wisatawan tahu bahwa di Indonesia tidak hanya di Jakarta, melainkan banyak destinasi yang semakin memperindah pulau-pulau di Indonesia. (bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *