Ki Narto Sabdo Simbol Spirit Freeformaction di Helatan Pazaar Seni #5

SEMARANG (Asatu.id) – Pazaar Seni #5 yang akan digelar Dewan Kesenian Semarang (Dekase) pada 31 Agustus-2 September 2018 di Taman Budaya Raden Saleh Semarang selain mengusung tema Freeformaction juga mengambil spirit seniman tradisi Ki Narto Sabdo.

Ketua Pelaksana Pazaar Seni #5 Adhitia mengatakan Freeformaction sendiri menggambarkan semangat reformasi yang dimunculkan sebagai pengingat bahwa kehidupan berkesenian tak bisa lepas dari perjalanan sebuah komunitas di mana kesenian itu tumbuh dan berkembang.

“Kami kemudian lebih senang memaknai Freeformaction sebagai semangat untuk bebas berkarya. Selain itu, jika dihubungkan dengan spirit Ki Narto Sabdo adalah karena dirinya seorang reformis pendobrak tatanan seni terutama kesenian Jawa pada masa hidupnya,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut dia, spirit Ki Narto Sabdo akan coba diangkat dengan harapan bisa membawa semangat kepada para seniman untuk terus berkarya dan menghasilkan kreasi yang berguna bagi masyarakat luas.

Pada pelaksanaan Pazaar Seni #5 yang akan dimulai pukul 09.00 hingga selesai ini Dekase juga menggandeng beberapa komunitas di bidang seni budaya. Yang menarik, komunitas-komunitas itu lahir dan berkembang di banyak tempat dan rata-rata diprakarsai oleh generasi muda.

“Mereka juga melahirkan banyak karya dalam berbagai genre. Maka sebenarnya tak salah bila menyebut iklim berkesenian di Kota Semarang terus berkembang. Dulu mungkin sebagian pihak menyebut kota ini sebagai “kuburan seni.” Tapi hal itu sepertinya tak berlaku lagi. Kota ini semakin kreatif dan terus bergerak,” pungkasnya.

Adapun beberapa komunitas yang akan terlibat nanti antara lain SKAK, Serupa, GurART, Kelas Wolu, Indonesia 87 Scale, Tosan Aji, dan lainnya. Sementara akan hadir pula stan-stan yang memproduksi karya seniman dalam bentuk selain lukisan. Mereka antara lain SRG, Ensoi, Semoga Barokah, Irwan, dan lainnya. (bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *