Seluruh SD Kecamatan Genuk Jaring Siswa Melalui Empat Belas Cabang Lomba

SEMARANG (Asatu.id) – Seluruh SD baik Negeri maupun Swasta se-Kecamatan Genuk melaksanakan lomba di SD Bangetayu Wetan 02, Selasa (28/8). Sebanyak 861 siswa dengan total 24 sekolah mengikuti lomba dengan antusias.

Ada 14 cabang lomba dengan nuansa islami dihadirkan dalam lomba tingkat kecamatan itu, meliputi Cerdas Cermat PAI, Pengetahuan Agama Islam, Salat dan Murratal, Rebana, Macapat Islami, Khitobah, Tilawah, Hifdzil Qur’an, Khot, Kaligrafi, TIK Islami, Adzan, Cerita Islami, Kewirausahaan dan Lomba Karya Tulis Islami.

“Lomba rutinitas tahunan ini adalah yang ke-21. Ini dalam rangka penjaringan dari kecamatan untuk ke tingkat kota,” ujar Suratna, Ketua Panitia Lomba.

Ia menuturkan, peserta lomba tersebut merupakan perwakilan dari masing-masing sekolah yang telah diseleksi oleh pihak-pihak sekolah terkait. Ia menjelaskan, setiap sekolah mengirimkan siswa sesuai dengan kebutuhan lomba baik individu maupun regu.

“Biasanya dari masing-masing sekolahan ada macam-macam cara untuk menunjuk siswa, ada yang langsung menunjuk, ada seperti di sekolah saya melalui Gebyar Anak Saleh dulu. Jadi Gebyar Anak Saleh itu dilombakan dulu satu sekolahan nanti yang terbaik baru maju tingkat kecamatan,” terangnya.

Ia melanjutkan, penjaringan siswa dalam lomba tersebut nantinya akan ditindaklanjuti sesuai dengan juara yang diperoleh. Siswa-siswa yang memperoleh juara itulah yang akan dijaring kembali untuk tingkat selanjutnya.

“Untuk kelanjutannya nanti sampai tingkat propinsi. Ini dari kecamatan dulu diambil juara satu, dua dan tiga untuk maju ke kota. Jika juara, lanjut tingkat propinsi,” imbuhnya.

Sementara itu, ia menambahkan, juara lomba akan diumumkan hari ini juga. Hal itu agar siswa dapat segera dipersiapkan untuk maju ke tahap selanjutnya. Ia berharap dalam lomba selanjutnya, ada beberapa siswa yang dapat mewakili Kota Semarang untuk maju di tingkat propinsi.

”Kemungkinan sekitar September atau Oktober nanti lanjut di tingkat kota. Saya berharap Kecamatan Genuk bisa masuk ke tingkat Kota. Kalau tahun kemarin ada dua bidang, cerita islami sama macapat itu masuk ke tingkat propinsi. Semoga tahun ini meningkat, minimal tiga atau empat bidang untuk mewakili kota semarang masuk ke tingkat propinsi,” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *