Komunitas Omah Harapan Demak Gugah Masyarakat Peduli Bencana Lombok

DEMAK (Asatu.id) – Komunitas Omah Harapan Demak menggelar acara layar solidaritas untuk Lombok di Pondok Inap Citra Alam, Minggu (26/8). Sekitar 30 peserta hadir dalam aksi galang dana itu, meliputi ibu rumah tangga, karyawan, mahasiswa dan para pegiat seni Demak.

“Kami di sini berinisiatif open donasi untuk bencana Lombok. Untuk itu kami gelar acara layar solidaritas hari ini,”ungkap Anis Machfudhoh, anggota Komunitas Omah Harapan Demak, Selasa (28/8).

Acara dimulai dengan akustik dua lagu oleh Rizki, salah seorang anggota Demakomunal. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penampilan teatrikal dari Pesona Malam hingga sampai pada inti acara, yakni pemutaran film dokumenter Ekspedisi Pulau Biru oleh Watchdoc.

Menurut Anis, film bertajuk Made in Siberut yang mengisahkan kehidupan masyarakat Siberut di Kepulauan Mentawai itu perlu diputar di Demak. Hal itu selain sebagai edukasi bagi masyarakat juga sebagai salah satu sarana untuk menggugah solidaritas, khususnya berkaitan dengan bencana yang dialami masyarakat Lombok saat ini.

“Ternyata ada film yang barusan rilis watcdoc dan ternyata dalam film itu dia pengen ada semacam layar solidaritas. Di beberapa wilayah sudah di putar, sekarang juga perlu diputar di demak,” terangnya.

Sementara itu, ia melanjutkan, meskipun dalam film dokumenter tersebut  tidak ada kaitannya dengan bencana Lombok, namun menurutnya pemutaran film itu merupakan momen yang tepat untuk membangun kepedulian masyarakat.

“Ada prespektif masyarakat mengenai beberapa kebijakan pemerintah dan ada konflik sama perusahaan sawit, yang mana perusahaan sawit itu memberangus diversitas wilayah Siberut, padahal Siberut kaya sumber daya alam. Meskipun ini tidak ada kaitannya dengan Lombok, tapi jika ini momennya pas kenapa tidak,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *