Bawaslu Selesaikan Lima Sengketa di Tahap Mediasi

SEMARANG (Asatu.id) – Badan Pengawas Pemilu kabupaten/kota di Jawa Tengah berhasil menyelesaikan lima sengketa proses pemilu melalui tahap mediasi. Lima sengketa ini timbul, karena KPU di kabupaten/kota menyatakan ada bakal calon legislatif tidak memenuhi syarat (TMS) karena ada syarat yang kurang lengkap.

Namun setelah dimediasi Bawaslu, antara pemohon dan termohon mencapai kesepakatan melalui proses mediasi. Bacaleg yang kurang lengkap berkasnya itu rata-rata diberi kesempatan untuk memperbaiki berkas.

Dalam siaran persnya, Bawaslu Jateng menyampaikan, ada lima sengketa yang berhasil dimediasi Bawaslu kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Yang pertama di Wonosobo, yaitu sengketa antara pemohon PAN dan termohon KPU Wonosobo. Yang kedua juga terjadi di Wonosobo, yaitu sengketa antara pemohon Perindo dengan termohon KPU Wonosobo.

Ketiga yakni sengekta antara pemohon Nasdem dengan termohon KPU Surakarta.  Keempat, di Pemalang, yaitu sengketa antara pemohon Nasdem dengan termohon KPU Pemalang.

Kemudian kelima kasu di Rembang, yaitu sengketa antara pemohon Nasdem dengan termohon KPU Rembang. Lima sengketa tersebut berhasil mencapai kesepakatan setelah dimediasi Bawaslu di masing-masing kabupaten/kota.

Selain berhasil di mediasi, ada juga dua Bawaslu kabupaten yang sebenarnya menerima permohonan sengketa proses pemilu. Tapi permohonan sengketa itu tidak bisa dilanjut ke proses mediasi atau adjudikasi karena permohonan sudah kadaluwarsa. Dua pemohon itu adalah Partai Nasdem Sukoharjo dan PKB Kabupaten Brebes. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *