Banjarmasin Jajaki Kerja Sama dengan Kota Semarang

SEMARANG (Asatu.id) – Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan pihaknya terinspirasi dengan penerapan aplikasi sistem lapor di Kota Semarang. Ada beberapa program di Kota Semarang yang menginspirasinya untuk melakukan penyesuaian berkaitan dengan Penerapan Aplikasi Sistem Lapor.

“Banyak hal yang menjadikan inspirasi apalagi ini tujuannya untuk memudahkan pelayanan publik. Misalnya dari pendidikan, kesehatan maupun pendapatan luar biasa. Makanya kiat-kiat khusus yang perlu kita tiru adalah terkait dengan misalnya infrastruktur agar tanpa APBD itu bagamana caranya, kan begitu,” katanya usai melaksanakan Studi Tiru di Sit Room, Balai Kota, Kamis (23/8).

Ia menjelaskan, setidaknya ada tujuh aplikasi yang akan ia sesuaikan untuk Kota Banjarmasin. “Aplikasi itu di antaranya puskesmas untuk yang rumah sakit kemudian laporan keuangan online yang katanya bekerja sama dengan bank kemudian lagi evaluasi anggaran, pemantauan ruas-ruas jalan dan kerusakannya, termasuk masyarakat yang bisa melaporkan langsung,” paparnya.

Ia melanjutkan, pihaknya akan melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang dalam penerapan aplikasi sistem lapor itu. Menurutnya, ketujuh aplikasi itu dapat disesuaikan dengan kondisi di Banjarmasin sehingga ia optimis akan berjalan sukses.

“Kita akan menjajaki kerjasama karena pemerintah melalui peraturan baru memang mendorong kota-kota untuk melakukan kerjasama. Kalau seperti ini kan sudah sukses di Semarang, banjarmasin tidak perlu coba-coba lagi. Ambil saja progam di sini aplikasinya apa bawa ke Banjarmasin, disesuaikan dengan kondisi di Banjarmasin,” terangnya.

Sementara itu, Ayu Entys, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra mengaku siap melaksanakan kerja sama dengan pihak Pemerintah Kota Banjarmasin. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *