Abaikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Penyebab Munculnya Penyakit Gatal

SEMARANG (Asatu.id) – Penyakit gatal yang menimpa banyak anak di Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semrang  saat musim kemarau dikatakan warga karena kurangnya air bersih. Hal itu dibenarkan petugas Puskesmas Rowosari, Wahyu Elok Pemegang Penyakit Tidak Menular (PTM).

Menurutnya, terjadi pertukaran musim antara musim hujan dengan kemarau, sehingga banyak anak kecil yang terserang beberapa penyakit karena daya imunnya yang lebih rendah.

Dia mengungkapkan, kurangnya menjaga kebersihan turut memengaruhi terserangnya penyakit kulit itu. “Kebanyakan yang diserang anak kecil, karena rentan sama penyakit. Jadi daya imun anak itu lebih rendah dari imunitas orang dewasa. Biasanya kalau penyakit penyertanya itu batuk pilek, gatal, diare, karena kurangnya menjaga kebersihan lingkungan terutama,” tuturnya, Selasa (21/8).

Ia mengatakan, anak-anak di Rowosari banyak yang bermain di sungai saat musim kemarau. Hal itu terkadang kebersihannya terlepas dari perhatian orang tua. Ia menuturkan, kurangnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menjadi salah satu sumber penyakit gatal itu.

“Biasanya anak kecil suka main ke kali kalau musim kemarau. Ini kan biasanya sungai pada surut semua, biasanya anak kecil itu main ke sungai mainan air, pasir, ada cacingnya kita gak tau. Pulang ke rumah, biasanya kan langsung gak cuci tangan dulu, gak mandi atau bersih-bersih atau ganti baju setidaknya. Biasanya langsung makan. PHBS-nya kurang,” paparnya.

Ia menambahkan, telah melakukan sosialisasi di Kelurahan Rowosari. Namun untuk penyakit gatal tidak sampai pada tahap sosialisasi, lantaran penyakit gatal tidak terlalu berbahaya.

“Kalau sosialisasi ada, bergantung permintaan dari warganya, dilihat Penyakit yang paling tinggi saat ini. Kalau gatal, batuk pilek itu bukan suatu penyakit yang sangat berbahaya banget. Beda lagi kalau virus seperti campak rubella, seperti itu langsung sosialisasikan,” pungkasnya. (is)

 

Wahyu Elok (Foto: Ida YR)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *