Tia Hendrar Prihadi Sabet Gelar Pembina Dekranasda Terbaik Jawa Tengah

Istri Wali Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi SH MM, Ketua TPP PKK Kota Semarang dengan bangga menunjukkan penghargaan Pembina Terbaik Dekranasda yang diterimanya dari Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko , di Alun-alun Pemalang. (Foto; Humas Pemkot Semarang/dok)

SEMARANG (Asatu.id) – Keberhasilan Krisseptiana Hendrar Prihadi dalam membesarkan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekransda) Kota Semarang hingga menjadi besar seperti sekarang memperoleh apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Senin (20/8) malam.

Dilansir melalui rilis resmi Pemerintah Kota Semarang, istri orang nomor satu di Kota Semarang tersebut memperoleh penghargaan sebagai Pembina Dekranasda Terbaik Tingkat Jawa Tengah. Penghargaan diserahkan langsung Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko dalam acara Pesona Produk Kriya Dekranasda Jawa Tengah yang berlangsung di Kabupaten Pemalang.

Di tangan dingin Tia, sapaan akrab istri Wali Kota Hendrar Prihadi, selama tujuh tahun lebih Dekranasda Kota Semarang yang terdiri dari pengrajin UKM, UMKM dan IKM tumbuh dengan pesat menjadi 603 pengrajin yang memiliki omzet Rp 809 miliar sampai Juni 2018 dan menghasilkan aset Rp 302,365 miliar

Tidak hanya itu saja, Tia bersama para anggota Dekranasda Kota Semarang dinilai telah berhasil melakukan fasilitasi semua pengrajin yang ada di Kota Semarang dengan empat program, yaitu pendampingan, pelatihan, pemasaran, dan pembiayaan.

Pendampingan yang dilakukan mulai pendaftaran pengrajin melalui aplikasi IJUS MELON, IUMK sebagai tanda legalitas usaha dalam bentuk izin usaha, temu usaha, inkubator bisnis yakni pengusaha dilatih dalam waktu dua tahun untuk mandiri melalui kerja sama dengan Udinus dan Unika, klinik bisnis dan pendampingan modal tambahan.

Adapun pelatihan yang diberikan berupa pelatihan manajemen, akuntansi, brand packaging sampai pelatihan E-Commerce, kewirausahaan, dan business plan.

Sementara pemasaran yang telah dilakukan berupa pemasaran produk fisik atau offline maupun online. Fisik melalui penyediaan ruang pamer  dan promosi yang menampung produk-produk unggulan dan berkualitas antara lain di Semarang Kreatif Galeri Kota Lama, Galeri Balaikota, Galeri Pasar Bulu, Pasar UMKM Srondol, juga mengikutsertakan para pengrajin dalam pameran dalam negeri (kriya nusantara) hingga pameran luar negeri (pameran di Belanda).

Sementara pemasaran Online dilakukan melalui website www.semarangkreatifgaleri.com, toko pedia, blanja, shopee, buka lapak maupun E-Commerce Jawa Tengah (Sadewa Market).

Atas inovasi dan kinerja yang telah dilakukan, berbagai penghargaan berhasil disabet Tia Hendrar Prihadi bersama Dekranasda Kota Semarang berupa produk terbaik femina award 2018, juara 1 stand terbaik.

“Saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini. Terima kasih yang utama Saya sampaikan kepada seluruh jajaran Dekranasda Kota Semarang yang telah bekerja keras di dalam memajukan Dekranasda. Apa yang kita raih bersama ini Saya harapkan bisa menjadi motivasi untuk kita dapat melanjutkan langkah positif yang sudah kita lakukan bersama,” ujarnya.

“Dekranasda Kota Semarang harus bisa menjadi yang terdepan di dalam memajukan perekonomian masyarakat dan ikut membangun Kota Semarang menjadi semakin hebat,” pungkasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *