Kekeringan Landa Rowosari, Warga Tidak Nyaman

SEMARANG (Asatu.id) – Krisis air bersih sudah menjadi langganan bagi warga Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang  setiap musim kemarau. Hal itu terutama dirasakan oleh warga RT 4 RW 9, yang mengalami permasalahan lantaran sumur artetis di daerah itu apabila dibor dengan kedalaman tertentu justru mengeluarkan gas.

Sejumlah kendala pun dialami warga karena hanya mengandalkan droping air bersih. Hal itu salah satunya dirasakan Juliah, warga setempat yang mengaku tidak nyaman dengan keadaan tersebut.

“Kekurangan air tidak nyaman. Biasanya pas musim hujan mandinya dua kali sampai tiga kali, tapi kalau musim kemarau seperti ini paling mandinya satu kali waktu siang, terus tidur habis tidur tidak boleh keluar lagi,” tuturnya di sela-sela droping air bersih dari BPBD Selasa (21/8).

Ia mengungkapkan, selama kekeringan itu dirinya bersama warga lain harus meminta air kepada warga yang memiliki sumur. Jika tidak, ia menuturkan, dirinya harus ke sungai sejauh dua kilometer untuk mendapatkan air.

“Kalau untuk keperluan sehari-hari paling minta orang-orang yang punya sumur. sungainya di bawah, jauh. Anaknya dimandiin di sungai, kadang ambil air juga di situ. Kalau buat masak minta tetangga yang bawah sana,” keluh Ibu dari empat anak itu.

Ia menjelaskan, ketika musim kemarau sumur di daerahnya seringkali kekeringan, terkhusus RT-nya. Hal itu karena daerah dengan jumlah kurang lebih 50 KK itu berada di atas. Hal demikian juga dirasakan oleh Jumiarni, warga yang sudah lima belas tahun tinggal di sana. Ia mengaku setiap tahunnya selalu merasakan kekeringan saat musim kemarau. “Saya di sini sudah 15 tahun, setiap tahunnya pasti pas kemarau kekeringan,” tegasnya.

Namun, warga saat ini sudah mulai tersenyum lega lantaran menerima droping air bersih. Ia berharap adanya pam untuk RT-nya. “Alhamdulillah sekarang sudah ada pam, jadi paling bawah tidak, cuma sini yang belum ada pam. Ini baru diusahakan pam naik sini,” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *