Himpaudi Tembalang Gelar Latihan Manasik Haji di MAJT

SEMARANG (Asatu.id) – Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kecamatan Tembalang, Kota Semarang menyelenggarakan latihan manasik haji di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Senin (20/8).

Kegiatan tahunan dalam rangka pelaksanaan aspek pembangunan nilai agama dan nilai moral itu, diikuti 32 lembaga pendidikan Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kana-kanak (TK) se-Kecamatan Tembalang.

Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Tembalang, Dwiyanto Teguh Yuwono mengatakan, latihan manasik haji ini dilakukan dalam rangka melatih anak-anak. Sebab salah satu tujuan pendidikan anak usia dini, yaitu menyiapkan anak untuk berkembang secara komprehensif dan menyeluruh.

“Sehingga tidak terbatas aspek kecerdasan, tapi juga aspek lain yaitu nilai agama dan moral. Hak itu harus dutanamkan pada anak sejak dini agar mempunyai nilai religius dan kelak mempunyai bekal dengan keimanan dan ketaqwaan,” katanya.

Sementara Ketua Himpaudi Kota Semarang, Evi Trisnowati menambahkan, kegiatan manasik haji ini merupakan pembelajaran untuk menanamkan pendidikan agama sejak dini. Karena pada perinsipnya, proses anak-ana belajar melalui bermain dan belajar berdasarkan pengalaman.

“Dengan pengalaman ini mereka ditunjukkan tempat-tempat atau bagaimana melakukan tata cara haji sehingga akan cepat menerima dan akan tersimpan di memori anak anak,” ucapnya.

Evi menambahkan, banyak hal positif yang bisa diambil dalam manasik haji. Selain mengenalkan tata cara pelaksanaan haji, juga untuk melatih kesabaran, kedisiplinan, budaya antre dan bertoleransi. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *