Peringati HUT ke-67, IBI Adakan Layanan KB Gratis

SEMARANG  (Asatu.id) – Dalam rangka memperingati HUT IBI ke-67, IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Kota Semarang bekerja sama dengan Disdalduk dan KB Kota Semarang melaksanakan bakti sosial berupa pelayanan KB gratis di Kecamatan Gunungpati, Sabtu (18/8).

Menurut Nawangsih Zulaikhah Pudjiati, Ketua IBI Semarang, HUT IBI tahun ini merupakan peringatan yang spesial karena hampir bersamaan dengan HUT RI ke-73.

“HUT RI dan HUT IBI hampir bersamaan. HUT IBI tanggal 24 Juni, kebetulan sekali kok hampir bersamaan dengan HUT RI jadi tidak beda jauh,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya selalu memperingati HUT IBI setiap tahunnya dengan mengadakan beberapa kegiatan bakti sosial, termasuk pelayanan KB gratis yang diselenggarakan hari ini.

“Jadi kita memang setiap tahun merayakan dan mengadakan bakti sosial, kunjungan-kunjungan ke Bu Bidan yang sepuh-sepuh, terus ke sekolahan-sekolahan untuk membagikan zat besi, kemudian untuk sekarang ini kita adakan pelayanan KB gratis,” paparnya.

Ia melanjutkan, pelayanan KB tersebut sepenuhnya gratis. Hal itu mulai dari konsultasi, pemeriksaan hingga pemakaian kontrasepsi.

“Misalkan suntik, pil, implan itu ada kandungan hormonnya tapi kalau IUD enggak, jadi kalo ada yang beresiko seperti itu bisa diarahkan ke IUD. Makanya kita periksa dulu dengan seksama. Kita data dulu, punya sakit liver enggak, itu kan juga harus didata, rahimnya diukur, nanti IUDnya juga diukur, kadang-kadang rahim itu ada yang ke belakang, ada yang ke depan. Jadi intinya disesuaikan, diperiksa berapa senti. Itu semua kita fasilitasi,” jelasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *