Lawang Sewu Saksi Bisu Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Humas Pemkot Semarang/dok

SEMARANG (Asatu.id) – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-73, hari ini bertempat di lokasi halaman Lawang Sewu – Semarang, diadakan serangkaian kegiatan peringatan.

Adapun jenis perayaan ini dimulai dari rangkaian upacara, pemberian bantuan CSR kepada masyarakat di wilayah Jawa Tengah, perlombaan rakyat hingga hiburan keroncong.

Pemilihan Lawangsewu sebagai lokasi peringatan HUT RI ke-73 kali ini, dilatarbelakangi agar tempat wisata kebanggaan warga Kota Semarang ini semakin dikenal kalangan masyarakat luas.

Di mana Lawang Sewu menjadi saksi bisu bagi perjalanan perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Mulai sebagai tempat kantor pusat perkeretaapian di jaman Hindia Belanda hingga peristiwa pertempuran 5 hari di Kota Semarang. Semua ini tidak lepas dari keberadaan sosok bangunan Lawang Sewu.

Berkenan hadir dalam acara Peringatan HUT RI ke -73 ini di antaranya Direktur PT KAI, Edi Sukmoro, jajaran direksi PT KAI, perwakilan PT TWC, perwakilan PT KIW, perwakilan PT Perhutani, dan perwakilan dari Kementrian Perhubungan.

Setelah selesai dengan gelar upacara HUT ke-73, acara dilanjutkan dengan acara pembagian bantuan CSR dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri kepada masyarakat di sekitar Jawa Tengah.

Adapun bantuan yang telah diberikan pada tahun  2018 oleh pihak KAI dan sejumlah BUMN lainnya di antaranya :
1. Program *Siswa Mengenal Nusantara*
2. Program Elektrifikasi
3. Pembangunan Prasarana dan Sarana MCK
4. Pembangunan air bersih
5. Perbaikan rumah pegawai BUMN yang berpenghasilan rendah
6. Pembuatan rumah baca atau taman baca
7. Program Bea Siswa Pendidikan
8. Program Pasar Murah
9. Pembangunan prasarana dan sarana pendidikan.
10. Program pemberdayaan masyarakat.
11. Program Padat Karya Tunai.
12. Pembagunan dan perbaikan prasarana serta sarana umum.

Pada program BUMN Hadir Untuk Negeri tersebut pihak PT KAI telah mengeluarkan sejumlah dana CSR-nya sebesar Rp 2.151.323.260 dengan perincian sebagai berikut:

1. Rp 1 Milyar bagi Pembangunan Fasilitas MCK di 10 kecamatan – Kabupaten Demak, masing-masing bernilai Rp 100.000.000.
2. Program Taman Baca di SMKN Jawa Tengah sebesar Rp 52.000.000.
3. Total sebesar Rp 200.000.000 bagi pengembangan prasarana dan sarana di 2 Kecamatan – Kabupaten Demak, masing-masing Rp 100.000.000.
4. Program Siswa Mengenal Nusantara yang merupakan program pertukaran 38 siswa di Provinsi Jawa Tengah dengan 23 siswa di Provinsi Kalimantan Barat, yang biaya penyelenggaraan dari CSR PT KAI sebesar Rp 899.323.260.

“Diharapkan dengan berbagai program bantuan CSR tersebut, bisa lebih mendekatkan keberadaan perusahaan BUMN pada umumnya, dan PTKAI pada khususnya, dengan masyarakat sekitarnya,” ujar Edi Sukmoro, Dirut PT KAI di sela-sela upacara peringatan HUT RI ke-73, di Lawang Sewu, Jumat (17/8).

Rangkaian perayaan HUT RI ke-73 oleh sejumlah BUMN di Kota Semarang ini akan dilanjutkan dengan acara gerak jalan santai pada Hari Sabtu, tanggal 18 Agustus 2018 besok yang akan diikuti oleh 2.500 peserta, dengan pusat kegiatan acara di Halaman Kantor Perhutani – Rimba Graha, Semarang.

“Melalui berbagai perayaan kemerdekaan RI ke-73 ini, semoga bisa menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia agar selalu menjunjung persatuan dan kesatuan dengan meningkatkan solidaritas sosial antar sesama, sehingga nilai-nilai kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan, bisa akan selalu diteruskan oleh generasi muda di masa yang akan datang,” harap Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *